TIPS JITU DETEKSI BURUNG SEHAT DAN SAKIT
artikel Home

Tips Jitu Deteksi Burung Sehat dan Sakit

Burung yang sakit cenderung menyembunyikan sakitnya agar dia tidak dimangsa oleh hewan lain atau diganggu oleh predator lain. Untuk mendeteksi burung sedang sakit atau sehat perlu mengamati keseharian pola burung tersebut. Yaitu dapat dilihat dari beberapa aspek seperti: mata burung, pakan dan minuman yang diberikan untuk burung, feses pada kandang, kepala burung, keaktifan burung, dan performa burung.

Apabila burung sehat maka burung akan memiliki aura sehat, bulu rapi dan halus serta kelopak mata burung berwarna merah muda. Namun berikut aspek yang perlu diperhatikan dalam mendeteksi burung yang sakit dan sehat:

  • Mata burung

Apabil ada masalah pada mata burung atau sering disebut snot, mata burung akan berwarna lebih putih, selain itu apabila saluran pernafasan burung bermasalah mata burung cenderung berwarna merah tua.

  • Pakan & minuman yang diberikan kepada burung

Perhatikan apabila pakan harian yang diberikan pada burung habis maka burung dalam kondisi sehat, namun apabila sebaliknya atau pakan masih utuh tak berkurang bisa jadi burung sedang tidak sehat.

  • Feses pada kandang

Apabila burung dalam kondisi sehat, kotoran burung tidak terlalu encer dan pekat dan sebaliknya, apabila burung sedang tidak sehat kotorannya berwarna encer dan pucat.

  • Kepala burung

Apabila burung menyembunyikan kepalanya maka dia sedang sakit, dan sebaliknya bila kepala burung tegak seperti biasa berarti burung sehat.

  • Keaktifan burung

Dapat dilihat dari keaktifan, apabila burung sehat maka ia akan bertengger di tenggernya dan aktif dalam kandang.

  • Performa burung

Burung yang sehat dapat mengeluarkan suara khasnya, namun burung yang sedang sakit cenderung tak mau bersuara/ macet/serak.

Setelah mengetahui aspek- aspek cara mendeteksi burung yang sakit dan sehat perlu diketahui cara menjaga agar burung tetap sehat. Berikut kiat-kiatnya:

  • Perhatikan pakan burung

Berilah pakan/ gizi sesuai dengan kebiasaan burung, berikan minum 2/3 wadah dan jangan lupa periksa pakan dan minum burung secara berkala.

  • Bersihkan kandang burung setiap hari

Gunakan air sabun atau air bekas cucian untuk membersihkan kandang

  • Beri burung suplemen yang cukup

Berilah suplemen, seperti suplemen yang mengandung probiotik karena probiotik sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan energi serta stamina. Selain itu juga dapat mempercepat metabolisme burung. Contoh suplemen yang mengandung probiotik adalah seperti Biojanna 6 for bird dengan takaran sebagai berikut:

5-10 tetes yang dicampur dengan minuman burung sebanyak 10 ml atau 3x seminggu apabila fooding burung telah terpenuhi.

  • Berikan obat cacing pada burung

Berikan obat cacing pada burung setiap 3 bulan sekali dan berilah obat cacing pilihan sesuai kondisi si burung.

Demikian tips jitu deteksi burung sehat dan sakit yang dapat diterapkan kicau mania. Simak penjelasan selengkapnya secara langsung oleh Dr. drh. Budi Purwo Widiarso,M.P dalam kanal Youtube BURUNG PROBIOTIK berikut.

Biojanna6, teknologi mikrobakteri terkini sebagai obat burung alami yang berguna bagi pertumbuhan kesehatan, pencegahan, penyembuhan dan perawatan burung (luar dan dalam)

Biojanna 6 for bird mengandung nutrisi burung yang komplit sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan stamina burung kesayangan

Sayangi Burungmu dengan Biojanna6!

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

Shopee: https://bit.ly/B6_280ml_ShopeeBiojanna6 

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *