artikel Home

Mengenal Burung Pleci Black Capped

Burung kicau populer yang paling dicari plecimania dan kicau mania di Indonesia yaitu Burung Pleci black capped (Zosterops atricapilla). Dinamai Black Capped atau burung kacamata topi hitam lantaran mempunyai dahi berwarna hitam. Pleci jenis Black Capped ini salah satu kekayaan hayati yang terdapat di Indonesia dan tidak ditemui di negara lain.

Pleci black capped  ini mempunya sifat yang lebih agresif dari pleci lainnya dan bentuk postur tubuhnya mirip dengan burung kacamata biasa atau oriental white-eye ( Zosterops palpebrosus).

Selain itu Pleci black capped juga mempunya kemiripan dengan black-crowned white-eye (Zosterops atrifrons) yang mana termasuk jenis burung endemik dari Sulawesi. Perbedaan kedua burung ini hanya terdapat pada warna hitam di bagian atas kepala penuh yang dimiliki black-crowned. Dengan demikian bisa membentuk mahkota dan pada bagian perut ke bawah terdapat garis hijau kekuningan.

Dikenal sebagi burung agresif, namun Pleci black capped termasuk jenis burung sosial dan kerap mencari makanannya dalam suatu kelompok kecil dengan jumlah kurang lebih 2-5 ekor burung. Burung-burung ini aktif dalam mencari makanan sepanjang hari hingga petang, sebelum mereka mencari tempat bertengger untuk beristirahat.

Pakan favoritnya meliputi serangga kecil, seperti laba-laba kecil dan ulat serta mengisap nektar dan menyantap buah-buahan. Selain itu di alam liar mereka juga kerap mengais dedaunan berserakan di permukaan tanah untuk mencari sisa-sisa makanan.

Sebagaimana, Burung Pleci lainnya, burung Pleci black capped bersosialisasi secara terbatas, khususnya dengan burung sejenis yang masih termasuk keluarganya. Diantaranya seperti burung betina dan jantan yang berkumpul bersama anak-anaknya yang masih kecil maupun sudah dewasa.

Watak agresifnya akan muncul pada saat berkumpul dengan pleci yang tidak mempunyai hubungan kekeluargaan. Maka dalam pelatihan Burung Pleci black capped sebaiknya pisahkan burung dari kelompoknya atau dari keberadaan pleci jenis lain yang terlihat olehnya. Ini untuk mencegah burung pleci lain yang telah bersuara bagus akan menjadi tertekan dengan sikap dominasi dari pleci topi hitam.

Pola perawatan Pleci Topi Hitam tak jauh beda dengan Pleci jenis lainnya. Sebab watak agresifnya yang menonjol, diyakini mental Pleci Topi Hitam lebih bagus. Selain itu dalam hal perawatannya burung ini dikenal mudah dan cepat jinak daripada pleci jenis lainnya.

Perawatan Burung Pleci black capped

Dapat dipastikan perawatan Pleci black capped ini sama dengan pleci lainnya. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui, seperti:

  • Sebab tingkahnya yang sangat aktif, topi hitam ini memerlukan pakan yang kaya kalori (energi metabolisme), karbohidrat, dan protein.
  • Berilah pakan yang bergizi untuk menentukan kualitas suara seperti yang kamu harapkan. Pemberian pakan sebisa mungkin dapat menggantikan kebutuhan pakan yang ada di alam liar. Contohnya saja, nektar atau sari bunga dapat diganti dengan nektar buatan. Ulat serta laba-laba kecil dapat digantikan dengan ulat kandang atau ulat hongkong yang warna putih.
  • Kroto yang disajikan  sebaiknya dalam keadaan segar dan sesuaikan jangkrik dengan kebiasaan burung, apabila apabila Pleci tak mau makan jangkrik hidup maka kamu dapat menggantinya dengan tepung jangkrik.
  • Beri nutrisi yang aman dan terpercaya untuk membersihkan pernafasan burung demi suara yang stabil dan tetap gacor. Beri produk herbal GURAH PRO, yang merupakan produk gurah alami burung, dari bahan-bahan alami, yakni cabai jawa, buah pinang, sirih dan daun simbukan.

Nah itu tadi ulasan tentang Burung Pleci Kacamata Topi Hitam atau Black Capped. Gimana kicau mania? Sudah ada keinginan untuk mengadopsinya?

Jangan lupa selalu berikan Nutrisi burung terbaik untuk Gacoan kesayanganmu.

GURAH PRO bersih, tuntas, plong!

Sumber: www.jalaksuren.net

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *