artikel Home

Mengenal Burung Branjangan

Mirafra Javanica, nama latin dari salah satu primadona burung kicau di Indonesia. Burung jenis ini memiliki 4 subspesies yaitu: Mirafra javanica javanica, Mirafra javanica parva, Mirafra javanica aliena, dan Mirafra javanica timorensis. Namun, dari keempat jenis burung tersebut burung Mirafra Javanica atau Branjangan Jawa adalah yang paling banyak diburu dan dicari lantaran memiliki suara yang merdu, kencang dan pintar.

Tak main- main burung Mirafra Javanica atau burung branjangan ini dibanderol dengan harga yang lumayan fantastis yaitu kisaran Rp 6 juta untuk tangkapan liar dan karena lebih jinak, untuk hasil ternakan dapat mencapai sekitar Rp 8 juta per ekor.

Perburuan Branjangan dilakukan masif sejak tahun 1990- an sehingga kini populasi Branjangan  di alam liar berkurang bahkan nyaris punah terutama jenis Mirafra Javanica. Karena jenis tersebut menjadi target buruan para kicau mania. Akibat berkurangnya populasi Branjangan, gantangan Branjangan semakin sepi. Untungnya, sekitar 10 tahun belakangan ini peternak Branjangan berhasil mengembangbiakkan Branjangan sehingga populasinya bisa sedikit terselamatkan.

Untuk para kicau mania yang memelihara Branjangan, pasti telah merasakan tak mudahnya dalam merawat spesies burung ini. Agar tidak mudah stress, burung ini harus diperlakukan dengan baik dan istimewa. Memelihara serta melatih Branjangan memerlukan kesabaran dan ketelatenan.

Jika Branjangan akan diadu di gantangan maka diperlukan persiapan yang matang. Burung harus gacor bahkan apabila ingin menjadi master di gantangan burung harus memiliki suara yang bervariasi. Beberapa cara untuk mempersiapkannya adalah: memberikan makanan tambahan yang bergizi, perawatan kandang dengan rutin, berjemur setiap pagi dan tak lupa untuk dimandikan.

Berikut hal – hal yang perlu diperhatikan dalam merawat Branjangan:

  • Perawatan harian

Pada pagi hari angin – anginkan Branjangan selama 15 hingga 30 menit. Lalu mandikan dengan memanfaatkan formula burung yang berkualitas untuk mencegah kutu , jemur dan berikan pakan berupa kroto atau jangkrik, tak lupa untuk berikan vitamin agar burung tetap fit.

  • Kandang

Lantaran burung lincah dan gemar berloncatan, disarankan untuk menempatkan Branjangan pada kandang yang tidak terlalu kecil agar burung tidak mudah stress. cobalah memilih sangkar yang tinggi. Contohnya lebih dari 100 cm. Dengan begitu, burung dapat lebih bebas berekspresi. Burung ini punya keahlian yang unik yaitu dapat terbang dengan vertikal.

  • Pemberian pakan

Makanan utama Branjangan yaitu millet dan padi. Agar burung fit, gacor dan aman saat ternak berikan pakan yang mengandung kebutuhan lengkap Branjangan. Inbox pro Pakan Breeding Probiotik Spesial untuk Branjangan Hadir sebagai Solusi dalam mempermudah dan meningkatkan produktifitas ternak Branjangan yang ditangkarkan. Pakan racikan yang diformulasikan khusus dengan teknologi tinggi untuk menambah birahi, meningkatkan kualitas dan kuantitas telur pada burung branjangan.

Nah, sobat kicau sudah mengenal sedikit banyak tentang Baranjangan kan? Selalu nutrisi gacoanmu dengan pakan yang bergizi ya.

Dikutip dari: berbagai sumber

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

Shopee: https://bit.ly/InboxBranjangan_ShopeeSehatProbiotik 

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *