artikel Home

Ketahui Cara Membedakan lovebird Jantan & Betina

Merawat burung kicau dikenal sebagai hobi yang menyenangkan. Selain dapat selalu mendengar kicauannya yang merdu, memelihara burung kicau dengan konsisten hingga breeding yang maksimal dapat menjadi investasi yang menjanjikan.

Banyak cara dalam memperoleh keuntungan dari burung kicau. Seperti lomba gantangan atau tarik suara, beternak, dan bisnis jual beli. Kisaran harga burung kicau tak main – main. Semakin gacor dan berwarna indah harga yang dibanderol akan semakin tinggi.

Salah satu burung kicau andalan kicau mania adalah loverbird. Selain mudah didapatkan, perawatan lovebird tidak terlalu sulit. Burung ini dikenal memiliki bulu yang indah dan suara merdu dan warnanya sangat bervariasi.

Untuk merawat lovebird memang tak sulit tetapi butuh keterampilan dan cara perawatan yang baik. Diawali dengan mengenali perbedaan lovebird jantan & betina.

Dilansir dari PORTAL JEMBER, berikut cara membedakan lovebird jantan dan betina berdasarkan bentuk fisiknya:

  1. Bentuk ekor

lovebird jantan dan betina memiliki bentuk ekor yang berbeda. Lovebird jantan memiliki ekor dengan bentuk yang cenderung runcing, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk ekor yang lebar serta rata

2. Bentuk sayap

Lovebird jantan memiliki ujung sayap yang saling bertemu dan menyilang. Sementara itu, ujung sayap burung lovebird betina tidak menyilang seperti kepunyaan lovebird jantan

3. Bentuk kepala

Kepala lovebird betina bagian atas kepalanya tampak cekung, sedangkan lovebird jantan memiliki bentuk kepala yang lebih rata dan terlihat cepak di bagian atasnya.

4. Ukuran tubuh

Biasanya, ukuran tubuh lovebird betina lebih besar dibandingkan dengan lovebird jantan. Akan tetapi, pastikan burung yang sedang dibandingkan memang memiliki usia yang tidak jauh berbeda.

5. Bentuk paruh

Paruh lovebird jantan lebih runcing dan cenderung berukuran lebih kecil, sedangkan paruh lovebird betina tumpul, melebar, dan cenderung lebih besar.

6. Bentuk anus

Jenis kelamin lovebird jantan atau betina juga bisa dilihat dari bentuk anusnya.lovebird jantan memiliki anus yang cenderung lebih kecil dan tampak menonjol. Sementara anus betina lebih lebar dan rata.

7. Lingkar klep kacamata

Periksa lingkar klep kacamata pada burung Lovebird untuk mengetahui jenis kelaminnya. Lingkar putih di sekitar mata ini memang terkadang sulit ditemukan, namun cara ini tetap bisa dijadikan alternatif. Lingkar klep kacamata pada lovebird betina cenderung lebih bulat, sedangkan pada lovebird jantan tampak lebih oval atau lonjong.

Nah, sobat kicau itu tadi hal-hal yang membedakan anataralovebird jantan & betina. Bagi penggemar burung kicau pemula perlu diketahui hal-hal diatas dan beri nutrisi terbaik yang aman untuk perawatan harian burung kicaumu.


Biojanna6, teknologi mikrobakteri terkini sebagai obat burung alami yang berguna bagi pertumbuhan kesehatan, pencegahan, penyembuhan dan perawatan burung (luar dan dalam).

Biojanna 6 for bird mengandung nutrisi burung yang komplit sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan stamina burung kesayangan.

Sayangi Burungmu dengan Biojanna6!

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

Shopee: https://bit.ly/B6_280ml_ShopeeBiojanna6 

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *