KENALI JENIS JENIS BURUNG ANIS DI INDONESIA
artikel Home

Kenali Jenis- Jenis Burung Anis Di Indonesia

Kicau mania pasti tak asing dengan burung anis atau juga bisa disebut burung punglor. Burung anis sangat populer lantaran suaranya yang enak dan unik untuk didengar. Burung anis berasal dari genus Tardus atau Zoothera yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Papua serta beberapa pulau kecil di perairan Indonesia.

Karena kicauannya yang indah, burung ini tergolong mahal atau memiliki harga yang tinggi. Nah, sebelum memutuskan untuk memelihara burung ini. Ketahui jenis-jenis burung anis berikut:

  • Anis merah (Zoothera Citrina)

Dari segi fisik, Anis merah masuk dalam kategori sedang, panjangnya berkisar 20 cm sampai 23 cm dan memiliki berat tubuh antara 47 sampai 67 gram. Sementara warna tubuhnya cukup menarik karena terdiri dari kombinasi beberapa warna. Bagian kepala, tubuh, dan tengkuknya akan berwarna jingga (orange) yang terang. Sementara untuk bagian tubuh atasnya berwarna abu-abu kebiruan dan terdapat bercak berwarna putih di beberapa bagiannya. Sementara untuk bagian tunggingnya berwarna putih dan bagian kaki dan mata memiliki warna coklat.

Anis merah bisa dibilang populer di kalangan kicau mania. Hal ini karena burung ini mempunyai suara yang khas, ketika mengoceh suaranya seperti orang teler. Maka dari itu Anis merah banyak dicari oleh pecinta burung kicau. Sebenarnya Anis merah terdiri dari 11 subspesies. Salah satu di antaranya bisa ditemukan di Pulau Jawa dan Bali, yaitu Zoothera citrina rubecula. Sedangkan jenis subspesies lainnya menyebar di negara- negara Asia yaitu, Srilanka, Myanmar, dan India.

  • Anis Macan (Zoothera Dohertyi)

Burung anis bermotif macan ini juga bisa disebut dengan anis ampenan atau punglor ampenan karena ia dibawa pertama kali dari daerah Ampenan. Anis Ampenan bisa ditemukan di beberapa daerah seperti, Pulau Lombok, Flores, Sumba, dan Sumbawa. Anis Macan berkicau dengan suara lembut. Hal ini yang membuatnya menarik.

  • Anis Cendana (Zoothera Peronii)

Burung anis yang mempunyai ciri khas gaya “nungging” ini cukup unik. Mungkin ketika tampil agak mengganggu, namun kicaunnya yang tak kalah merdu dapat menjadikan Anis Cendana sebagai pilihan untuk dipelihara. Ada dua subspesies anis cendana, yaitu Zoothera peronii peronii dan Zoothera peronii audacis. Untuk jenis peronii audacis, daerah persebarannya adalah di Timor Leste, Pulau Wetar, dan Romang Timur. Sementara untuk jenis peronii peronii, tersebar di Pulau Roti dan Timor Barat.

  • Anis Sisik (Zoothera Dauma)

Anis Sisik dapat ditemukan di Bukit Barisan. Mereka telah melakukan migrasi yang habitat sebelumnya adalah Siberia, Taiwan, dan Mongolia. Warna tubuhnya memang unik seperti sisik namun pemeliharaan burung ini cukup sulit. Karena Anis Sisik sulit mengeluarkan suara sehingga butuh kesabaran dalam memelihara spesies ini.

  • Anis Hutan (Zoothera Andromedae)

Jika sekilas menilik motif burung anis Hutan akan mirip seperti Anis Macan dan Anis Sisik. Namun Anis Hutan memiliki tubuh lebih kecil dan warna yang eksotis dengan mayoritas warna bulu yang hitam dengan bercak putih. Burung ini bisa ditemukan di daerah Jawa Barat, tepatnya di Gunung Pangrango juga bisa ditemukan di Pulau Sumatera, Filipina, dan Malaysia. Anis Hutan memiliki suara cukup merdu, sayangnya burung ini termasuk burung yang langka sehingga kicau mania sulit menemukannya lagi.

  • Anis Siberia (Zoothera Sibirica)

Warna hitamnya membuat burung ini disebut Anis Hitam bentuknya pun besar dan misterius. Namun tak disangka kicauannya lembut dan merdu seperti setengah teler. Anis Siberia atau Anis Hitam bisa ditemukan di daerah Sumatera dan Jawa. Bernama Siberia jelas burung ini bukan asli Indonesia. Anis Siberia berasal dari daerah bersuhu dingin, seperti Mongolia, China, dan Siberia. Untuk mencari suhu hangat saat kawin mereka bermigrasi ke daerah hangat, seperti Asia Tenggara.

  • Anis Kembang (Zoothera Interpres)

Seperti Anis merah, Anis Kembang memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia. Hal ini karena kicauannya yang merdu dan lembut. Suaranya ngerol dan khas yang membuat pecinta burung gemar memeliharanya. Dalam segi fisik, Anis Kembang mirip dengan Anis merah. Hanya saja, pada bagian bola mata dan paruh anis kembang akan berukuran sedikit lebih besar. Selain itu, warna punglor kembang akan lebih unik dan bervariasi, yaitu orange, hitam, dan putih.

  • Anis Enggano (Zoothera Leucolaema)

Berlawanan dengan Anis merah, Anis Enggano tergolong kurang populer dan tak banyak diminati oleh pecinta burung. Padahal, kicauannya bisa dibilang cukup merdu dan tak kalah dengan Anis lainnya. Burung ini juga diketahui bisa menyeberang ke Pulau Sumatera yang terletak di sebelah timur.

Nah, sobat kicau diatas adalah beberapa jenis dan ciri-ciri Burung anis atau Panglor yang berada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis Burung anis ini seperti, anis kayu, anis gunung, anis sulawesi, anis tanimbar, dan anis seram. Banyak dan menarik bukan?.Jadi burung anis mana yang mencuri perhatianmu?

Untuk memelihara burung kicau maka perlu ketelatenan dan asupan nutrisi yang cukup. Jangan lupa untuk selalu memberi Biojanna 6 for Birds.

Biojanna6, Teknologi Mikrobakteri Terkini Sebagai Obat Burung Alami Yang Berguna Bagi Pertumbuhan Kesehatan, Pencegahan, Penyembuhan Dan Perawatan Burung (Luar Dan Dalam)

Biojanna 6 For Bird Mengandung Nutrisi Burung Yang Komplit Sehingga Sangat Bagus Untuk Kesehatan Dan Stamina Burung Kesayangan

Sayangi Burungmu Dengan Biojanna6!

Dilansir dari: berbagai sumber

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

Shopee: https://bit.ly/B6_280ml_ShopeeBiojanna6 

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *