artikel Home

Kenali Cara Perjodohan Lovebird

Lovebird adalah jenis burung yang sering dimiliki kalangan kicau mania. Burung ini mudah di dapatkan dan dipelihara sehingga banyak kicau mania yang mengembangbiakkannya. Dalam menjodohkan lovebird pun tidak sulit itulah alasan kicau mania menjadikan burung lovebird ini bisnis. Peminat lovebird tergolong banyak. Harga lovebird bervariasi berdasarkan jenisnya.

Lovebird juga dikenal sebagai burung cinta karena lovebird sangat setia dengan pasangannya. Apabila ada pasangan burung ini yang dipisahkan, pasangan burung tersebut akan stress bahkan bisa mati.

Walaupun pemeliharaan burung ini tergolong mudah tapi dalam pembudidayaannya cukup rumit. Biasanya para pembudidaya lovebird mengalami kendala dalam perjodohan dan perkawinan burung ini. Untuk itu, pembudidaya harus paham betul cara dan teknik dalam pembudidayaan burung ini. Demi menghasilkan anakan  yang berkualitas dan warna yang cantik pembudidaya harus menentukan jenis burung dan cara yang tepat juga perawatan hariannya.

Ada 2 metode yang dapat dipraktekkan dalam perjodohan sepasang lovebird dan perjodohan lovebird dalam bentuk kelompok. Berikut 2 metode perjodohan lovebird:

  1. Menjodohkan sepasang lovebird
  • Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan lovebird jantan dan betina  yang akan dijodohkan. Untuk umur yang bagus adalah lovebird yang baru saja memasuki usia produksi atau remaja. Namun jika anda hanya memiliki sepasang lovebird yang sudah matang, itu juga tidak masalah.
  • Kemudian perkenalkan kedua lovebird tersebut dengan mendekatkan keduanya dalam kandang yang berdekatan. Setelah mereka saling kenal mereka bisa disatukan dalam satu kandang atau dapat langsung dimasukkan dalam satu kandang jika lovebird berumur muda, karena biasanya lovebird berumur muda akan lebih mudah dikenalkan.
  • Tak lama kemudian, biasanya mereka akan saling mencumbu. Nah kalau mereka sudah adu paruh dan menyisir rambutnya, mereka sudah berjodoh.

Perlu diketahui bahwa lovebird juga tipe pemilih. Apabila mereka tidak cocok jangan dipaksakan. Untuk mempermudah penjodohan, lakukan pada saat remaja sehingga mereka akan menjadi pasangan hingga dewasa.

2. Menjodohkan Lovebird dalam kelompok

Jika kamu memiliki lovebird dalam jumlah banyak, kamu bisa melakukan dengan meetode ini. Metode kelompok ini dinilai lebih efektif karena lovebird bisa memiilih pasangannya sendiri. Berikut cara menjodohkannya:

  • Siapkan beberapa ekor lovebird jantan dan betina. Untuk jumlahnya sebaiknya betina lebih banyak agar lebih efektif. Pastikan umurnya sudah cukup untuk kawin.
  • Belilah kandang khusus untuk penjodohan burung atau biasa dinamakan gupon. Susun dengan jarak yang tepat dan jumlah gupon minimal pas dengan jumlah pasangan lovebird.
  • Masukan lovebird kedalam kandang besar, biasanya tidak lama kemudian mereka akan menemukan jodohnya masing masing.

Sedangkan untuk Mengawinkan Burung lovebird, begini cara mudahnya:

Kita tidak perlu melakukan hal yang berarti, kita hanya perlu menyiapkan sarana, pakan dan menunggu proses alami terjadi. Jika memang mereka cocok, tidak lama lagi sang betina akan segera bertelur, untuk jumlahnya biasanya 1-4 butir. Sedangkan proses pengeramannya berlangsung sekitar 3 minggu dan tidak lama lagi telur akan segera menetas. Pada saat memiliki anakan pastikan makannya bergizi agar perkembangan anakan berjalan baik dan jangan lupa beri nutrisi harian agar burung tetap fit dan menghasilkan anakan yang diinginkan.

Biojanna6, teknologi mikrobakteri terkini sebagai obat burung alami yang berguna bagi pertumbuhan kesehatan, pencegahan, penyembuhan dan perawatan burung (luar dan dalam).

Biojanna 6 for bird mengandung nutrisi burung yang komplit sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan stamina burung kesayangan.

Sayangi Burungmu dengan Biojanna6!

Dilansir dari: berbagai sumber

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

Shopee: https://bit.ly/B6_280ml_ShopeeBiojanna6 

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *