FAKTA MENARIK BURUNG KENARI
artikel Home

Fakta Menarik Burung Kenari

Salah satu jenis burung populer di kalangan kicau mania, kenari. Kenari populer karena bersuara merdu dan mempunyai bermacam warna yang menarik. Sejarahnya, kenari ini adalah unggas yang dibawa pertama kali oleh Spanyol setelah menaklukan Kepulauan Canary tahun 1478. Namun, pasalnya kapal dagang Spanyol yang membawa kenari sempat kandas di dekat  Leghorn, Livorno, Italia.

Sebagian unggas tersebut lepas dan singgah di Pulau Elba kemudian berkembang biak dengan cepat. Orang-orang Italia tanpa sungkan memanfaatkan peluang emas tersebut dan memasarkan kenari jantan dan betina. Jadilah kenari menyebar ke seluruh daratan Eropa.

Nah, bisa jadi saat Belanda menjajah Indonesia burung kenari ikut singgah di Nusantara, lalu berkembang biak. Kicauannya yang dapat membuat si pemilik rileks, maka kenari banyak digemari. Berikut fakta unik yang dimiliki si burung populer kenari:

  • Kenari jantan menyanyi lebih baik

Kenari jantan maupun betina, memang dua-duanya mampu bernyanyi. Namun apabila dibandingkan, kenari jantan akan lebih unggul. Sejatinya, kenari jantan berhormon testosteron yang membuat mereka bernyanyi untuk memikat si betina. Tak hanya itu, si jantan menyanyi  menandakan sedang menandai wilayahnya. Bahkan mereka bernyanyi untuk kesenangan sendiri. Namun ada beberapa hal yang membuat kenari jantan jarang bernyanyi yaitu:

  1. Adanya penurunan kadar testosteron pada burung akibat penuaan atau fase mabung (pergantian bulu)
  2. Kenari jantan sudah bertemu jodohnya
  3. Ketika kenari jantan melihat bayangannya di cermin, ia dapat mengira bahwa itu adalah pasangannya

Untuk kendala macet bunyi lainnya kamu bisa konsultasikan kenarimu atau burung kicaumu yang lain pada dokternya burungmu pada kontak di bawah postingan ini ya.

  • Kenari dapat berubah warna karena makanan

Kenari memang memiliki banyak jenis dan beragam warna seperti, kenari yorkshire, norwich, fancy, gloster, london dan lanchasire. Namun ada satu jenis kenari yang dimana ia akan berubah warna karena makanan yang ia makan yaitu kenari red pepper (red factor) atau kenari merah. Hal tersebut karena adanya pigmen khusus yang bertanggung jawab dari asupan mereka sehingga kenari berganti warna. Misalnya warna oranye cerah diperoleh dari pigmen karotena pada wortel. Nah, bagi pemilik si kenari merah perlu berhati –hati dengan makanannya demi mendapat warna terbaik.

  • Kenari dapat bertelur tanpa bantuan pejantan

Kenari betina bertelur tanpa bantuan pejantan apabila sedang dalam kondisi over birahi. Keistimewaan ini disebut dengan superfekundasi. Unggas ini dapat menghasilkan telur tanpa melalui proses pembuahan sel sperma. Namun sayangnya telur ini tak menetas. Hal ini lazim terjadi sesudah betina bertelur dan menetaskan anak-anaknya. Unik bukan?

  • Kenari memiliki nilai jual tinggi

Kicau mania pasti familiar dengan jual beli kenari. Apalagi, apabila kenari pandai bernyanyi atau sering mengikuti lomba tarik suara burung  kicau. Maka nilai jual kenari akan semakin tinggi. Selain itu banyak juga breeder kenari yang menjadikan aset- aset calon juara jika suaranya telah matang.  Dari situlah para kicau mania kenari mendapat keuntungan.

  • Kenari butuh sangkar besar

Sangkar dapat berperan penting bagi kesehatan burung. Burung yang bebas bergerak sama dengan berolahraga, sehingga kesehatan burung dapat terjaga. Sangkar burung yang lebar dan panjang tentu lebih baik daripada sangkar yang sempit. Selain itu kenari juga tak suka sangkar yang diletakkan di depan jendela. Mereka akan merasa terancam karena dapat dengan mudah melihat pemangsa terburuknya, seperti kucing.

Nah sobat kicau, diatas telah dibahas mengenai fakta unik kenari. Siapa yang ingin memiliki?. Untuk menjaga kesehatan burung kicaumu selalu gunakan nutrisi burung yang aman dan alami Biojanna 6 for bird.

Biojanna6, teknologi mikrobakteri terkini sebagai obat burung alami yang berguna bagi pertumbuhan kesehatan, pencegahan, penyembuhan dan perawatan burung (luar dan dalam)

Biojanna 6 for bird mengandung nutrisi burung yang komplit sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan stamina burung kesayangan

Sayangi Burungmu dengan Biojanna6!

Dilansir dari: berbagai sumber

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

Instagram : biojanna6official

Shopee: https://bit.ly/B6_280ml_ShopeeBiojanna6 

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published.