artikel Testimoni

CARA MELINDUNGI BURUNG KICAU DARI GANGGUAN TIKUS

Tikus adalah hewan pengerat yang cukup meresahkan bagi siapapun. Tikus akan memakan apapun yang ada di dalam rumah. Bahkan burung kicau peliharaan atau burung kicau ternakan menjadi korban. Burung kicau yang sudah dirawat dengan sepenuh hati dan disiapkan untuk mengikuti perlombaan justru harus mati dicabik-cabik tikus, dengan tubuh bercerai berai dan bulu-bulu berserakan didasar sangkar.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk memberantas tikus. Namun, perlu diingat bahwa tikus atau makhluk pemangsa burung yang lain adalah makhluk ciptaan Tuhan. Maka dari itu, tindakan melawan pemangsa burung harus sesuai dengan nilai kemanusiaan dan aturan agama. Tidak boleh menyiksa atau membakarnya hidup-hidup.

Berikut ini cara melindungi burung kicau dari gangguan tikus :

  1. Menggunakan Alat Pengusir Tikus Elektronik

Untuk Mengusir tikus di rumah bisa dengan menggunakan teknologi suara ultrasonik dan gelombang elektromagnetik. Teknologi suara ultrasonik adalah teknologi dengan memanfaatkan bunyi suara ultrasonik frekuensi tinggi, yaitu 35.000 Hz. Suara dengan frekuensi tersebut hanya dapat didengar oleh hewan ordo rodentia, termasuk tikus. Suara tersebut tidak dapat didengar oleh manusia. Manusia hanya dapat mendengar suara dengan frekuensi 20.000-25.000 Hz.

Suara ultrasonik dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tikus. Cara kerjanya seperti manusia mendekatkan telinga pada sirene yang berbunyi sangat keras. Tikus akan merasa takut, tidak dapat menyesuaikan diri, dan pasti tidak merasa nyaman dengan suara ultrasonik yang ditimbulkan. Alat ini juga menggunakan generator yang dapat mengeluarkan suara ultrasonik yang lebih keras dan berubah-ubah sehingga membuat tikus semakin terganggu.

  • Minggu Pertama : Tikus akan merasa gelisah dan tidak nyaman karena adanya perubahan suara dan gelombang medan magnet.
  • Minggu Kedua: Suara ultrasonik yang dihasilkan akan terdengar lebih keras dan berubah-ubah. Pada minggu ini, tikus akan terlihat berkeliaran di sekitar rumah mencari tempat untuk berlindung dan membuat lubang untuk keluar.
  • Minggu Ketiga: Selain suara ultrasonik yang lebih keras dan berubah-ubah, gelombang elektronik juga menghasilkan gelombang yang lebih cepat dan berubah-ubah. Pada minggu ini, tikus akan lebih mempercepat mencari celah dan membuat lubang untuk menjauh dan meninggalkan rumah.
  • Minggu Keempat : Tikus sudah tidak terlihat berkeliaran di dalam rumah. Rumah pun terbebas dari tikus.
  1. Menggunakan Aroma-Aroma Yang Membuat Tikus Enggan Datang

Salah satu cara yang relatif aman untuk mengusir tikus adalah menggunakan bau-bauan atau aroma yang berasal dari bahan-bahan khusus yang ditakuti atau dihindari tikus. Biasanya aroma dan bau-bauan ini menggunakan tanaman atau buah tertentu, yang aman bagi manusia dan hewan peliharaan lainnya. Seperti berikut ini:

  • Mengkudu
  • Durian
  • Bintaro
  • Daun Sirsak
  • Daun Mint
  • Kapur Barus
  1. Membuat Jera atau Trauma Pada Tikus
  • Memelihara Jangkrik Dewasa

Maka jangkrik juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga lingkungan sekitar kandang dari ancaman tikus. Caranya, jangkrik dipelihara dalam wadah khusus dan diletakkan di sekitar kandang atau di ruang tempat sangkar burung digantang. Suara jangkrik berisik bisa mencegah tikus datang ke tempat tersebut.

  • Menyemprotkan Campuran Larutan Cabai Dan Detergen

Membuat larutan yang terdiri atas campuran cabai dan deterjen bisa menjadi alternatif untuk mengusir tikus. Tapi ingat, campuran ini jika tersentuh kulit akan terasa sangat perih dan terbakar. Jadi, hati-hatilah saat membuatnya, agar tidak mengenai kulit dan mata.

Campurkan cabai yang telah ditumbuk dengan sabun detergen, lalu beri sedikit air, kemudian diaduk hingga merata. Setelah itu, larutan dimasukkan dalam botol semprotan / sprayer. Semprotkan larutan ini ke arah tikus, dan usahakan langsung mengenai tubuh atau pantat tikus. Rasanya yang panas akan membuat tikus kapok datang lagi ke rumah.

  • Memberikan Umpan Campuran Baking Soda

Tikus merupakan hewan pengerat yang tidak bisa mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya. Karena itu, mengusirnya dengan menggunakan baking soda bisa menjadi salah satu alternatif cukup ampuh .

Caranya, siapkan pakan umpan yang telah diberi baking soda, letakkan pada lokasi di mana tikus sering lewat atau di sekitar kandang penangkaran. Begitu termakan, baking soda langsung bereaksi. Karena tikus tidak bisa buang gas, maka perutnya akan merasa tidak enak terus-menerus. Dengan cara itu, tikus akan kapok dan tidak bakal lagi berkunjung ke tempat Anda.

  • Mengecat Tubuh Tikus Dengan Warna Terang

Hal yang perlu dilakukan adalah menangkap seekor tikus terlebih dulu. Jika sudah tertangkap, silakan cat bilunya dengan warna-warna terang, misalnya putih atau kuning. Ketika tikus tersebut dilepaskan, maka kawan-kawannya yang biasa mendatangi rumah atau kandang penangkaran akan ketakutan. Jadi, tikus yang dicat ini bertugas mengusir tikus lainnya.

Untuk lebih awet, sebaiknya gunakan cat semprot agar tidak mudah luntur. Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengusir tikus yang sering mengganggu burung kicau peliharaan Anda, bahkan sering mengganggu seisi rumah.

Perlu diketahui, efektivitas dari beberapa metode di atas juga tergantung dari beberapa faktor. Misalnya, konstruksi kandang penangkaran atau rumah kita, banyaknya makanan yang bisa ditemukan di sekitar kandang / rumah, lokasi kandang berdekatan dengan selokan, dan sebagainya. Tapi, jika tidak mencobanya kita tidak akan tahu hasilnya.

Gunakan BioJANNA 6 for Bird adalah FORMULA HERBAL PROBIOTIK SUPER non kimia yang terbuat dari hasil fermentasi coconut water (air kelapa) dan susu dengan memadukan teknologi mikrobakteri terkini sebagai obat burung alami yang berguna bagi pertumbuhan kesehatan, pencegahan, penyembuhan dan perawatan burung (luar dan dalam).

Biojanna 6 for bird mengandung nutrisi burung yang komplit sehingga sangat bagus untuk kesehatan dan stamina burung kesayangan.

(Dari Berbagai Sumber)

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *