tips perawatan burung pada musim liburan
artikel

TIPS PERAWATAN BURUNG KESAYANGAN PADA MUSIM LIBURAN

OLEH : drh. Budi Purwo Widiarso,M.P

Memelihara burung merupakan hobi bagi sebagian besar kalangan kicau mania. Apapun akan dilakukan oleh para kicaumania untuk menjaga burung kesayangannya. Makanan burung, minuman burung, perawatan burung harian, latihan bersama, dan perawatan burung lainnya agar menunjang performa serta nutrisi burung kesayangannya. Usaha menjaga performa burung kesayangan, dilakukan setiap hari tak terkecuali sewaktu musim liburan hari raya, ataupun pada saat ditinggal mudik lebaran atau mudik tahunan. Banyak usaha dilakukan oleh para kicau mania  ketika burung kesayangan terpaksa ditinggal demi mudik lebaran.

Uraian di bawah ini merupakan beberapa  saran dan masukan bagi para kicau mania untuk perawatan burung ketika liburan lebaran atau yang akan ditinggal pergi dalam waktu yang agak lama. Ada 2 saran dan masukan bagi hobiis burung ketika ditinggal pergi, yaitu cara perawatan burung jika Burung dititipkan pada orang lain atau jika Burung ditinggal dalam waktu yang agak lama

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika meninggalkan burung kesayangan  di rumah dalam waktu 2-3 hari antara lain :

  1. Menggunakan tempat minum yang muat agak banyak yang diperkirakan mampu untuk memenuhi kebutuhan minum selama 3 hari. Wadah air minum yang  digunakan adalah wadah yang mampu mencegah kemungkinan kemasukan kotoran burung atau tidak mudah tercemar Tempat minum diusahakan mampu mencegah burung bertengger di atas tempat minum.
  2. Tempat makanan burung yang digunakan diusahakan menggunakan tempat pakan yang bisa refilling atau isi ulang sendiri seperti tempat pakan ayam. Kemudian tempat makanan burung digantung atau ditenggerkan sesuai dengan tangkringan burung.
  3. Makanan burung yang diberikan disesuaikan dengan burung yang dipelihara. Sebaiknya menggunakan pakan pabrikan atau voer yang lebih tahan lama dan lebih mudah cara pemberiannya. Pakan buah-buahan juga dapat diberikan dengan porsi yang dapat habis maksimal 2 hari. Ekstrafooding juga dapat diberikan dengan porsi habis maksimal juga 2 hari untuk tetap menjaga asupan nutrisi burung.
  4. Minum yang diberikan diusahakan sesuai dengan waktu burung akan ditinggal. Berikan  pula air minum burung di campur dengan BioJanna 6 untuk perawatan burung yang akan anda tinggalkan.
  5. Sebelum ditinggal pergi, burung dimandikan terlebih dahulu dengan air yang sudah di campur dengan BioJanna 6 sehingga burung akan lebih sehat, segar, dan lebih sumringah agar stamina burung terjaga.
  6. Sebaiknya burung dikerodong dengan kerodong dengan warna yang putih atau transparan.
  7. Meletakkan sangkar burung jauh dari jangkauan predator hewan lain seperti kucing, tikus, cicak, dan tokek.

Hal –hal yang perlu diperhatikan jika burung dititipkan pada orang lain ketika para kicaumania pergi berlibur antara lain :

  1. aMemilih orang yang benar-benar mampu melakukan perawatan burung setiap harinya seperti mengontrol air minuman burung, makanan burung, pemberian ekstrafooding, dan mandi.
  2. Kerodong dan sangkar burung diusahakan jangan diganti dengan model yang lainnya. Usahkan tetap menggunakan kerodong dan sangkar asalnya.
  3. Memberitahukan ukuran takaran minuman dan makanan burung yang biasa diberikan pada burung kepada orang yang akan dititipi.

 

Baca juga >> Sakit mata / penyakit SNOT pada Lovebird

BioJANNA 6 For Bird Tetes 280 ml

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)
PIN BB : 537B4EB3

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======
Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
drh. Budi Puwo Widiarso, MP
Call / sms / WA : 0812 1584 8964
Pin BB : D44C45F6

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *