cara merawat cucak ijo
artikel

Ternyata Cara Merawat CUCAK IJO agar Gacor itu Mudah !

www.biojanna6.com – Tren memelihara burung kini menunjukkan kecenderungan baru dibandingkan sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, termasuk dalam hal ini adalah merawat Cucak Ijo. Jika dulu hanya dinikmati karena keelokan bulu-bulunya yang warna-warni, kini tren memelihara Cucak Ijo bergeser menjadi menikmati keelokan kicauan si burung Cucak Ijo.

Pergeseran tren memelihara Cucak Ijo ini seiring dengan makin gencarnya digelar aneka kontes kicau dari aneka burung yang dikonteskan (termasuk tentu kontes kicau spesial bagi jenis Cucak Ijo). Pertumbuhan komunitas pecinta burung pun luar bisa meningkat tajam. Hampir di setiap kota ada komunitas pencinta Cucak Ijo yang marak menggelar acara-acara kompetisi kicau burung.

Gambaran kenyataan yang melukiskan makin semaraknya aneka kontes kicau mania ini, turut membuat nama Burung Cucak Ijo terkerek naik. Suara Cucak Ijo memang khas dan eksotis. Kontes-kontes burung Cucak Ijo—baik lokal maupun nasional—yang semakin sering digelar di banyak daerah dan penjuru Nusantara, makin mengukuhkan nama Cucak Ijo sebagai burung kontes dan hobi yang makin difavoritkan oleh banyak kalangan. Dari level pedagang asong hingga level pejabat menteri kini banyak yang jatuh cinta memelihara Cucak Ijo.

Cara merawat cucak ijo
Lomba Burung sebagai ajang pencarian burung yang bersuara indah

Sekilas Mengenal Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo memiliki nama ilmiah Chloripsis Sonnerati. Bila dikelompokkan Burung Cucak Ijo, maka Burung Cucak Ijo termasuk ke dalam golongan Chloropseidae. Ciri-ciri khususnya adalah mempunyai ciri-ciri warna bulu Ijotua untuk burung jantan.

Sementara untuk Burung Cucak Ijo betina bulu-bulunya cenderung berwarna Ijomuda yang cerah. Burung Cucak Ijo betina juga disifatkan sebagai burung dengan aksi gerakan-gerakannya yang gesit, sering melakukan manuver dengan lompatan-lompatan yang cantik.

Namun, yang kini sedang diburu dari jenis Burung Cucak Ijo adalah suara dan kicaunya. Burung Cucak Ijo kini makin populer dengan aneka variasi nada kicauannya yang bermacam-macam. Inilah KEUNGGULAN sekaligus KEUNIKAN yang dimiliki oleh Burung Cucak Ijo. Aneka ragam jenis kicauan pada Burung Cucak Ijo ini amat jarang ditemui pada jenis burung kicau lain.

Berdasarkan jenis kelaminnya, Burung Cucak Ijo jantan lebih beragam dan gerakannya jauh lebih agresif (lebih agresif daripada Burung Cucak Ijo betina yang paling gesit sekalipun).  Nada suara Cucak Hijau juga jauh lebih merdu, yang membuat Cucak Ijo jantan semakin banyak dipelihara dibandingkan dengan Cucak Ijo betina. Dan, kerena kelebihan ini,  Cucak Ijo jantan pun lebih mahal daripada  Cucak Ijo betina.

Berikut ini disampaikan cara merawat Cucak Ijo biar gacor terus bagi semua kalangan peminat dan pecinta burung, baik senior maupun pemula. Ya, pecinta burung kicau yang senior harus tetap belajar agar menjadi pecinta burung yang piawai dan menguasai cara merawat Cucak Ijo biar gacor terus. Pecinta burung pemula pun juga harus tak mau kalah dengan yang senior. Karena sesungguhnya cara merawat Cucak Ijo itu MUDAH…..

Cara-Cara MERAWAT CUCAK IJO AGAR NGECOR SELALU

1. Pastikan Memilih Bakalan yang Baik !

 Ciri-ciri Bakalan Cucak Ijo yang baik sebagai berikut ini :

  • Tubuh yang panjang serasi
  • Ekor lebih panjang
  • Tulang belakang dan supit kecil rapat
  • Warna bulu lebih tegas
  • Paruh berwarna gelap
  • Warna bulu di bagian bawah leher berwarna hitam dan membentuk topeng pada wajahnya
  • Mata besar melotot
  • Bentuk kepala lebih besar
  • Aktif bergerak lincah
  • Bentuk paruh berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang
  • Paruh bagian bawah harus lurus (Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok).
  • Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata
  • Postur badan sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi (Jangan memilih badan yang berleher dan berbadan pendek).
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat (tanda badan burung sehat).

Ciri-Ciri mental burung Cucak Ijo yang sehat dan baik adalah:

  • Lincah dan bernafsu makan besar (Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik).
  • Rajin berkicau (ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah).
  • Leher panjang padat berisi (Ini menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

* Perlu dijelaskan di sini bahwa mental burung tidak pengaruhi oleh warna kaki. Jadi, kaki Cucak Ijo yang sehat belum tentu atau belum pasti menandakan burung tetap sehat dan gacor atau sebaliknya tidak gacor.

 2. Pastikan Kandang Burung Cucak Ijo Nyaman dan Bersih !

cara merawat cucak ijo kandang luas

Burung Cucak Ijo mempunyai ciri-ciri yang gesit serta kerap melakukan manuver dengan melompat-lompat. Karena gerakan yang lincah ini, pastikan kandang berukuran agak besar dan sediakan dua bilah palang untuk bertengger.

Apabila Anda akan mengikuti suatu lomba kontes kicau, maka gunakan kandang jenis Sanghai yang berbentuk bundar memanjang yang sudah disiapkan area pakan di kedua sisinya. Tempat pakan ini untuk wadah voer dan kroto. Sediakan satu area untuk menyimpan wadah air minum si burung. Dan, agar ketika burung dikawinkan berhasil mendapatkan keturunan, segera SIAPKAN kandang permanen yang luas. Tujuannya, agar burung tidak stress sehingga sistem perkawinan cepat terlaksana dengan baik.

Memelihara dan merawat Cucak Ijo berarti juga harus MAU MERAWAT  kebersihan kandang. Jangan biarkan kandang kotor oleh tumpukan feses burung. Kebersihan serta sanitasi sangkar HARUS Anda cermati untuk meyakinkan burung Cucak Ijo yang Anda rawat senantiasa dalam situasi sehat dan  terhindar dari penyakit. Buanglah juga sisa makanan untuk hindari jamur serta lumut yang menumpuk pada bekas makanan serta minuman. Kerjakan penjemuran sangkar dibawah cahaya matahari pagi sampai kering. Pastikan pula sangkar burung dibersihkan rutin dua hari sekali.

3. Suplailah dengan Nutrisi Tambahan 

cara merawat cucak ijo makanan suplemen
Makanan Tambahan untuk mencukupi kebutuhan burung

Sesuai dengan habitatnya di alam bebas, Cucak ijo memerlukan pakan serangga. Cucak Ijo juga memakan biji-bijian serta buah-buahan. Pakan utama Cucak Ijo yang dapat diberikan adalah voer, belalang, dan ulat bambu. Berikan pula pakan tambahan, seperti buah pisang kepok atau pepaya matang.

Pada musim hujan, si burung Cucak Ijo rentan penyakit. Sebagai upaya pencegahan, berikan pakan berbentuk kroto atau jangkrik hidup. Selebihnya, cermati ketersediaan air minum. Demi si burung Cucak Ijo agar gacor terus, JANGAN RAGU dan SELALU tambahkan BIOJANNA 6 FOR BIRD ke dalam wadah air minumnya dengan dosis 10 tetes untuk tiap 10 ml air minum, 3 kali dalam seminggu.

Kemudian, apabila burung akan diikutsertakan dalam kontes kicau, maka JANGAN BIMBANG dan SELALU berikan VIAGARO sebanyak 3-5 tetes untuk tiap 10 ml air minum sehari sebelum lomba dan 2 jam sebelum lomba.

Suplemen Burung Lomba Alami VIAGARO New Formula

BIOJANNA 6 FOR BIRD dan VIAGARO adalah produk Andalan berbasis teknologi kultur mikrobakteri termutahir yang sudah terbukti untuk banyak burung-burung Jawara dalam aneka lomba kicau di Nusantara.

4. Mandikan Burung Cucak Ijo secara Rutin

Burung Cucak Ijo adalah jenis burung yang suka mandi. Sediakan kandang khusus untuk mandi untuk si burung kesayangan. Pada kandang khusus mandi, siapkanlah wadah plastik bersih dengan air secukupnya.

Jadwalkan secara rutin untuk memandikan si burung. Mandikan di pagi hari pada anatar jam 9. 00 – 10. 30 WIB dan pada sore antara 14.30 – 16.30 WIB. Ketika cuaca mendung, sebaiknya kegiatan mandi untuk burung tidak usah dilakukan. Dan, agar si Cucak Ijo gacor terus, SELALU dan PASTIKAN air untuk mandi si Cucak Ijo kesayangan ditambahkan dengan 10 ml BIOJANNA 6 FOR BIRD untuk tiap 500 ml air. Tujuannya, agar bulu Cucak Ijo semakin mengkilat indah, tidak mudah rontok, bebas parasit dan Kutu.

BioJANNA 6 For Bird Tetes 280 ml

5. Lakukan Penjemuran Burung Cucak Ijo

Jika si Cucak Ijo selesai dimandikan dan sudah tampak segar, jemurlah di bawah sinar matahari secara tidak langsung agar terhindar dari penyakit kulit yang bisa menimpa si burung. Sambil menjemur burung, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membersihkan kotoran atau sisa makanan di sangkar agar si burung terhindar dari bakteri jahat, lalat, atau jamur. Lama penjemuran cuku maksimal 2 jam.

Demikian langkah-langkah mudah atau cara merawat Cucak Ijo agar gacor selalu….  Caranya sungguh mudah, bukan?? Anda pun pasti bisa !!!!

Salam Kicau Mania !!!

BioJANNA 6 …!!! Puaskan Burung mu…!!!

=============================

▪Info Produk & Kemitraan : 0857 2852 4744 (Call / SMS/ WA)

▪Order Service : 0813 2814 1084 ( SMS / WA)

Pesan Sekarang Juga …!  Klik Link dibawah ini …!

link WhatsApp biojanna 6

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *