obat penyakit tetelo pada burung
artikel Testimoni

RAHASIA BURUNG BEBAS DARI PENYAKIT TETELO

Biojanna6.com – Siapa saja yang memiliki profesi atau hobi yang terpaut dengan dunia burung ocehan, pasti sering dihinggapi rasa khawatir dengan kemunculan penyakit unggas, seperti penyakit tetelo. Meski kemunculannya sering tempak pada masa-masa pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan, penyakit tetelo yang sangat menguatirkan bisa terjadi kapan saja. Jadi, penyakit tetelo bener-benar harus diwaspadai oleh peternak atau penghobi burung ocehan.

Penyakit tetelo biasa juga dikenal dengan penyakit ayan atau sampar ayam. Dalam khazanah dunia ilmu-ilmu perburungan (Ornitologi), penyakit tetelo dikenal dengan sebutan penyakit ND. ND adalah kepanjangan dari Newcastle Desease. Pencetus penyakit tetelo adalah jenis virus dari genus Pneumovirus atau Paramyxovirus.

Virus tetelo ini ditemukan di hampir di seluruh negara di muka bumi ini. Penyakit tetelo bisa ditemukan dimana saja, karena virusnya berasal dari famili Paramyxoviridae yang ditemukan di semua benua di dunia ini. Bahaya penyakit tetelo tidak perlu diragukan, karena bisa mematikan unggas yang terkena. Virus tetelo bisa berefek merusak, yakni menghemaglutinasi darah atau menjadi darah burung atau unggas memadat atau menggumpal. Semua jenis burung pun bisa terkena, baik burung budidaya maupun burung yang hidup di alam liar. Terkhusus burung anak atau yang masih muda.

Penyebaran penyakit tetelo pada burung biasa terjadi melalui kontak langsung dengan burung yang sakit beserta kotorannya, melalui ransum, air minum, kandang, atau peralatan lain yang tercemar oleh kuman penyakit. Bisa pula melalui serangga di sekitar, burung liar, atau angin yang berhembus (bahkan dalam radius hembusan angin sejauh hingga 5 km).

Bila menilik sejarah, pertama kali penyakit tetelo ditemukan oleh ilmuwan alam berkebangsaan Inggris bernama Doyle pada tahun 1926 di kota Newcastle, di Negara Inggris Raya. Pada tahun yang sama di Pulau Jawa pun ditemukan virus tetelo ini, yakni oleh ilmuwan bernama Kraneveld di daerah Bogor, Jawa Barat.

Penyakit tetelo pada burung sangat mudah menular dan angka kematiannya pun tinggi karena virus menyerang organ-organ vital dari unggas, seperti pada organ pernafasan, alat pencernaan, bahkan sistem syaraf dari si burung ocehan.

Jadi, pada dasarnya, penyakit tetelo adalah jenis penyakit viral. Penyakit viral adalah penyakit yang tercetus oleh keberadaan virus. Jadi, secara prinsipil, tidak ada obat luar satupun yang sanggup untuk mengobatinya. Penyakit tetelo pada burung memang penyakit unik. Sampai kini belum ada obatnya. Maka tidak heran bila penanganan pada si burung yang terserang oleh virus penyakit tetelo ini adalah dengan memisahkan atau mengisolasikannya dari burung-burung yang sehat. Bahkan pada banyak kasus, burung yang terserang virus tetelo ini tak jarang dimusnahkan dengan cara dibakar hingga jejak. Jadi, penting untuk diketahui, penyakit yang muncul karena virus tetelo akan bisa sembuh dengan sendirinya bila sistem imunitas kuat hingga mampu melawan si virus.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Tetelo ?

Seperti disebut di atas penyakit tetelo menyerang tiga alat atau organ vital unggas atau burung ocehan, yaitu pada sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem syarat. Berikut rincian gejala yang tampak pada burung pada 3 sistem alat vital burung yang terserang virus tetelo:

 

Gejala Serangan Penyakit Tetelo pada sistem pencernaan :

  1. Sayap terkulai
  2. Kaki lumpuh (jalan terseret)
  3. Berjalan mundur (sempoyongan)
  4. Kepala dan leher terpuntir (torticoles)

 

Gejala Serangan Penyakit Tetelo pada sistem pernafasan :

  1. Bersin-bersin
  2. Batuk
  3. Sukar bernafas
  4. Tersengal-sengal
  5. Tidur ngorok

 

Gejala Serangan Penyakit Tetelo pada sistem syaraf :

  1. Diare berwarna hijau
  2. Jaringan sekitar mata dan leher bengkak
  3. Produksi telur berhenti (pada burung petelur)
  4. Kualitas telurnya buruk, berbentuk dan berwarna abnormal, dan putih telur encer.

 

Bagaimana Mengobati atau Cara mengatasi Penyakit Tetelo yang TEPAT + BENAR ?

Seperti disebutkan di atas, penyakit tetelo belum ditemukan obatnya. Persoalannya adalah karena penyakit tetelo muncul karena infeksi virus. Maka, tentu ini berbeda dari infeksi bakteri, termasuk pula dalam penangananya. Infeksi virus tidak bisa diobati dengan antibiotik. Infeksi virus akan sembuh secara alamiah dengan sendirinya dengan cara sistem kekebalan tubuh akan membentuk sistem perlawanan untuk membunuh virus-virus tersebut. Maka dari itu, langkah yang TEPAT+BENAR UNTUK DILAKUKAN adalah dengan meningkatkan daya tahan atau imunitas si burung. Inilah rahasia burung selamat dari virus tetelo.

CARA, KIAT, sekaligus RAHASIA paling praktis yang sudah banyak dibuktikan olah banyak peternak dan penghobi burung adalah dengan memasukkan bakteri positif yang akan memperbaiki sistem pencernaan yang selanjutnya meningkatkan daya imunitas si burung. Produk-produk obat untuk burung yang mengandung probiotik (catat: bukan antibiotik) adalah SATU-SATUNYA solusi untuk penyembuhan dari penyakit tetelo. Sekali lagi inilah RAHASIA burung terbebas dari virus telelo.

Produk rahasia yang sudah melegenda untuk solusi peningkatan imunitas burung yang terinfeksi virus tetelo adalah BioJANNA6 For Bird yang mengandung ‘formula keajaiban’ PROBIOTIK. Pada BioJANNA6 bakteri probiotik yang terkandung adalah dari jenis Lactococcus sp., Bifidobacterium sp., Lactobacillus sp., dan Streptococcus sp. Bakteri-bakteri sungguh luar biasa ampuh untuk bekerja secara sinergis dalam MENJAGA dan MEMULIHKAN sistem kekebalan tubuh unggas.

Untuk mendapatkan produk Legend yang dicari dan tidak bisa ditiru yang sudah dipercaya banyak pecinta burung di Tanah Air ini, silakan klik di sini. COBALAH produk andal ini dan jadilah pehobi dan peternak yang mencintai lingkungan dan SADAR PROBIOTIK ….. Sayangi burung Anda dan percayakan semua kendala dalam perawatan burung dengan keajaiban PROBIOTIK…..!!! BioJANNA 6 for Bird

 

SALAM SUKSES KICAU MANIA !!!

Temukan Kami di BioJANNA 6 for Bird  :

website : www.biojanna6.com

facebook : produk probiotik

———————————————-

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)

Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

====== Kriiiing … Hallo Dok!!! =====

Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN Bersama Konsultan Ahli B6

drh. Budi Purwo Widiarso, MP

Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *