Penyebab Lovebird macet bunyi ada banyak. Gunakan B6 untuk nutrisi harian. Rushtop pakan lomba dan juga Ngecor sebagai doping alami biar lovebird cepat gacor.
artikel Testimoni

PENYEBAB LOVEBIRD MACET BUNYI

Lovebird  atau lebih dikenal dengan sebutan LB adalah salah satu burung yang menjadi andalan para kicau mania untuk dipelihara, dilombakan juga diternak. Selain mempunyai suara kicauan yang bagus, LB juga memiliki paras fisik yang indah. Lovebird  memiliki ukuran yang cukup mungil hanya sekitar 13-17 cm dan dengan berat 40-60 gram.

Memiliki Lovebird yang gacor bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kicau mania. Namun, Lovebird gacor bisa menjadi malas bunyi atau macet bunyi karena beberapa faktor. Nah, beberapa faktor inilah yang perlu diperhatikan oleh kicau mania dalam melakukan perawatan harian Lovebird .

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh kicau mania yang bisa membuat Lovebird macet bunyi atau malas bunyi antara lain:

  1. Lovebird Mengalami Stres

Lovebird bisa mengalami stres karena beberapa faktor, seperti diganggu oleh hewan lain, sangkar terjatuh, lingkungan tidak nyaman, bisa juga dikarenakan Lovebird  lain lebih fighter. Pastikan Lovebird  anda selalu dalam keadaan nyaman, tidak terganggu oleh hewan lain seperti tikus, kucing, atau ular, dan juga jangan biarkan Lovebird anda drop karena Lovebird lain lebih fighter.

  1. Terlalu Sering Mengganti Pakan

Pakan Lovebird  sebaiknya jangan sering diganti. Jika anda memberikan pakan Lovebird merk A dan Lovebird menyukainya janganlah mengganti dengan merk lain. Karena akan mempengaruhi suara dari Lovebird. Jika terpaksa untuk mengganti pakan Lovebird, berikan secara perlahan-lahan dengan takaran pakan merk A 80% ditambah dengan pakan B atau pakan pengganti sebanyak 20%. Lakukan terus menerus hingga 100% pakan berganti dengan merk B. Untuk menambah energi burung Lovebird  bisa ditambahkan Rushtop pakan lomba sebagai campuran pakan utama atau sebagai EF (Extra Fooding) dengan takaran :

  • Harian : 1 pack 200gr dicampur 2 kg milet putih
  • Lomba : 1 pack 200gr dicampur 1 kg milet putih diberikan Hari H
  1. Sering Mengganti Cara Perawatan

Hal ini sering terjadi ketika Lovebird berpindah tangan atau berpindah pemilik. Biasanya pemilik selanjutnya lupa untuk menanyakan cara setting atau perawatan yang biasa dilakukan oleh pemilik lama, sehingga mengakibatkan Lovebird menjadi malas bunyi atau macet bunyi karena perawatan yang berbeda. Pastikan jika anda membeli Lovebird  yang sudah gacor tanyakan pada pemilik sebelumnya agar Lovebird  setelah dibeli tetap gacor.

  1. Mengganti Sangkar

Penggantian sangkar bisa menjadi salah satu penyebab Lovebird  macet bunyi. Karena Lovebird  sudah nyaman atau terbiasa dengan sangkar maupun isinya (cepuk minum/pakan, tangkringan, dan juga ukuran sangkar ). Pastikan anda menggantinya dengan warna dan ukuran yang mirip dengan yang sebelumnya.

  1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga bisa mempengaruhi ngekek dari Lovebird, contohnya ketika anda membeli Lovebird  dari daerah Malang dengan cuaca yang sejuk kemudian anda membawanya kedaerah Pati dengan cuaca yang panas, maka ngekeknya pun bisa berubah. Pastikan Lovebird  anda dalam kondisi yang nyaman dan disesuaikan dengan habitat aslinya.

  1. Lovebird Dalam Keadaan Birahi Atau Over Birahi

Organ tubuh pada Lovebird  seiring bertambahnya usia akan semakin berkembang, begitu juga dengan organ reproduksinya. Sehingga Lovebird pun semakin mudah birahi atau over birahi. Salah satu solusinya dengan memberikan pasangan atau menurunkan birahi menggunakan CDS (Colling Down Super) dengan takaran 3-5 Tetes Pada Air Minum Lovebird (Berikan Pagi dan Sore – Air Minum Harus Diganti)

  1. Lovebird Obesitas

Tubuh Lovebird  yang gemuk atau obesitas sangat berpengaruh pada ngekeknya, bisa juga setiap harinya hanya ngetik-ngetik saja. Tubuh yang gemuk akan membuat Lovebird  malas bergerak, bersuara dan sering tidur. Cara penanganannya mudah, cukup pindahkan Lovebird ke kandang umbaran atau kandang yang panjang untuk melatih pernafasan dan membuat burung banyak bergerak untuk mengurangi lemak.

  1. Lovebird Kekurangan Vitamin, Mabung Dan Dalam Keadaan Sakit

Vitamin juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh Lovebird, menambah energi dan mencetak Lovebird  yang cerdas. Cukup tambahkan B6 dengan takaran sebagai berikut:

  • Perawatan dan Pencegahan : Campurkan 5-8 Tetes B6 pada 100ml minuman burung
  • Pengobatan saat sakit: Teteskan B6 langsung pada mulut burung 2x sehari @1-3 tetes

Untuk merangsang Lovebird  agar lebih fighter, suara lebih mengkristal dan cepat gacor bisa dengan menggunakan Ngecor dengan takaran sebagai berikut:

  • Berikan 3-5 tetes Ngecor ke air minum pagi 1hari sebelum lomba.
  • Hari H, berikan 5 tetes keair minum burung atau 2-3 tetes keparuh 1 jam sebelum lomba

Jadi intinya disesuaikan dosis, karena setiap burung berbeda takaran dosisnya. (Ngecor tanpa efek samping)

Selamat Mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *