pengobatan penyakit snot lovebird
artikel

Pengobatan Penyakit Snot pada Burung Lovebird

Pada burung Lovebird, seringkali muncul penyakit yang ditandai dengan berairnya dan kadang diikuti dengan bengkaknya pada salah satu mata , bahkan kedua-dua matanya. Kebanyakan para penggemar burung menamakan sakit ini dengan istilah “sakit mata”, padahal sebenarnya burung Lovebird ini terserang penyakit SNOT atau yang memang salah satu cirinya adanya gangguan pada matanya.

Penyakit snot atau coryza yang menyerang burung Lovebird disebabkan oleh bakteri Haemophilus paragalinarum. Tingkat kematian pada burung ini akibat penyakit snot/coryza sangat tinggi jika tidak ditangani dengan tepat.

 

GEJALA KLINIS PENYAKIT SNOT 

  1. Mata berair dan seperti mau menangis
  2. Sering menggosok-gosokkan matanya ke tangkringan atau ke jeruji kandang
  3. Feses berwarna putih encer, berair, dan bau tidak sedap.
  4. Nafsu makan turun sekali
  5. Pada kasus yang parah lama-lama akan terjadi kebengkakan pada mata dan mata diselimuti dengan massa padat.

 

PENGOBATAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG LOVEBIRD           

Pada burung lovebird yang terkena snot/coryza pengobatan yang perlu dilakukan adalah:

  1. Untuk mempercepat kesembuhan pada mata kanan atau kiri diberikan tetesan Biojanna6 for bird 2-3 tetes sehari sekali selama 7 hari bertururt-turut langsung pada mata tiap pagi atau dicampurkan air bersih. Bila di perlukan berikan antibiotika golongan sulfa, enrofloksasin, siprofloksasin, amoxicillin. Dengan pemberian sehari dua kali selama 7 hari berturut-turut bisa dicampur dengan air minum atau cekok. Namun agar efektif diberikan dengan metode cekok
  2. Burung Lovebird yang terkena penyakit snot/coryza agar dipisahkan dari burung yang sehat.
  3. Kandang burung Lovebird yang terkena penyakit snot /coryza agar disemprot dengan menggunakan desinfektan golongan fenol atau iodine.
  4. Burung Lovebird jangan dijemur, atau dihindarkan dari sinar matahari langsung.
  5. Pemberian pakan tambahan pada burung seperti millet merah atau putih, dikombinasi dengan jagung muda setiap hari selama masa pengobatan.
  6. Pemberian air minum dalam cepuk/wadah diusahakan tidak penuh untuk mengurangi efek terkena air pada matanya sewaktu minum.

Biojanna 6 for Bird, sebagai produk fermentasi air kelapa, yang mengandung bakteri baik, lactobacillus sp dapat membantu mengatasi penyakit SNOT. Biojanna 6 for Bird bekerja dengan melakukan detoksifikasi, mengaktifkan enzim-enzim detoksifikasi terhadap senyawa penyebab terbentuknya lapisan yang menutup lensa mata, baik karena lemak atau protein atau senyawa lain. Sehingga lapisan tersebut dapat terurai dan terbuang secara alami. bakteri lactobacillus sp sudah terbukti secara ilmiah dapat menguraikan lemak.

 

Biojanna 6 for Bird juga membantu mengatasi kemungkinan penyebab kondisi yang memicu datangnya bakteri Haemophilus paragalinarum, infeksi, radikal bebas dan faktor pencetus lainnya dengan memasok sel-sel baru untuk meregenerasi sel-sel yang rusak di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk katarak, Biojanna 6 for Bird dapat diteteskan langsung pada mata, sehingga dapat secara langsung menguraikan zat lapisan yang menutupi lensa mata.

 

 PENCEGAHAN PENYAKIT SNOT :

  1. Pakan harus bergizi sesuai dengan porsi burung Lovebird seperti pemberian millet.
  2. Membersihkan kandang burung secara rutin dan berkala menggunakan deterjen atau desinfektan yang mengandung iodine atau golongan fenol
  3. Semprot kandang dan semua ornamen kandang dengan desinfektan.
  4. Meningkatkan ketahanan tubuh burung berikan Biojanna 6 for Bird dengan dosis 10 tetes/10 ml air minum sehari sekali selama 7 hari berturut-turut kemudian diulang lagi seminggu kemudian..
  5. Untuk burung Lovebird yang sakit, segera obati dengan obat antibiotika yang tepat sesuai penyakitnya.
  6. Pada burung Lovebird yang terlihat mulai sakit secepatnya dipisahkan dari burung yang sehat.
  7. Tempat minum diganti dan dibersihkan setiap hari.


OLEH : drh. Budi Purwo Widiarso, MP

==========================

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

=================

▪Info Produk & Kemitraan : 0857 2852 4744 (Call / SMS/ WA)

▪Order Service : 0813 2814 1084 ( SMS / WA)

Pesan Sekarang Juga …!  Klik Link dibawah ini …!

link WhatsApp biojanna 6

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *