artikel Testimoni

MENGENAL KENARI KEPALA HITAM

Kenari hitam ( Serinus alario ) adalah spesies burung finch yang ditemukan di Lesotho, Namibia dan Afrika Selatan. Memang belum ramai di pasaran, namun sudah ada kicau mania yang memeliharanya, bahkan sudah ada importir yang mendatangkannya ke Indonesia. Kenari hitam ini hidup dengan mengikuti pola hujan, setelah curah hujan, bergerak dari afrika selatan ke barat dengan tujuan mencari biji-bijian sebagai pakan favoritnya yang masih segar. Kenari kepala hitam juga banyak yang berpindah ke dataran Nambia, di sana bisa ditemukan banyak sekali spesies kenari ini.

Burung kenari berkepala hitam memiliki panjang 12–15 cm. Burung kenari hitam jantan dewasa memiliki bagian atas dan ekor berwarna coklat tua, kerah belakang putih, dan sebagian besar bagian bawah berwarna putih. Kepala dan dada bagian tengah berwarna hitam pekat. Sedangkan betina dewasa mirip dengan jantan tetapi memiliki kepala abu-abu kusam, dan bergaris gelap di kepala dan bagian atas. Kenari kepala hitam dulu dimasukkan dalam genus Alario, dengan nama spesies Alario alario. Tetapi para ornitholog kini sepakat menempatkannya dalam genus Serinus, dengan nama spesies Serinus alario.

Di alam liar, kenari kepala hitam mencari pakan di atas permukaan tanah seperti benih, bijian, dan pucuk rumput. Tetapi untuk burung yang dirawat dalam sangkar harian, pakan yang diberikan berupa campuran beberapa bahan pakan. pakan yang bisa diberikan adalah canary seed (45%), pakan finch (45%), dan bijian segar (10%). Sayuran bisa diberikan sebagai extra fooding (EF), sedikitnya dua kali seminggu, serta biji berkecambah. Selain EF sayuran, Anda juga bisa memberinya EF hewani seperti ulat hongkong, baik dalam kondisi hidup maupun kering (UH kering atau tepung UH), atau  bisa juga ulat jerman hidup atau kering.

Di habitat aslinya, musim kawin kenari kepala hitam biasanya bersamaan dengan awal musim hujan. Saat itu banyak pakan yang tersedia di alam, untuk membesarkan anak-anaknya. Induk betina bisa menghasilkan 2-4 butir telur yang akan dieraminya selama 13 hari. Anak-anak akan dirawat induknya sampai mandiri, atau sekitar umur 20-21 hari. Adapun burung dalam penangkaran bisa berkembang biak kapan pun, meski produktivitas induk akan lebih tinggi pada musim hujan. Meski tidak rewel dalam perawatan hariannya, spesies ini tetap memerlukan perhatian jika hendak diternak.

Suara kicauan black-headed canary, bagi sebagian kicau mania, dianggap lebih merdu daripada goldfinch eropa. Lagu-lagunya lebih mirip suara kenari ketimbang jenis burung finch, dengan suara panggilan dan lagunya yang bervariasi.Magic Pro diformulasikan secara khusus untuk semua jenis kenari untuk persiapan kenari lomba. Beri kenari Magic Pro (campurkan Magic Pro dalam 100 ml air minumnya dengan dosis 8 tetes ). Pemberian untuk memperkuat stamina dan power kicaunya.

(Dari Berbagai Sumber)

=================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)

Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#bank transfer

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======

Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN

Bersama Konsultan Ahli B6

Dr. drh. Budi Puwo Widiarso, M.P Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *