jamur aspergillus yang menyerang burung
artikel

Mengatasi dan mengobati serangan Aspergillus pada Burung

Probiotik atau bakteria baik adalah solusi teknologi
untuk memulihkan burung dari infeksi aspergilus dan juga infeksi apapun
yang potensial menyerang si burung kesayangan……

biojanna6.com — ASPERGILLOSIS atau Aspergillus adalah penyakit jamur pada jenis unggas, termasuk di dalamnya burung-burung peliharaan, burung hobi, atau burung liar yang hidup di alam bebas. Jamur penyebabnya sering disebut dengan aspergillus. Bila burung atau unggas sudah terkena infeksi jamur ini, maka harus segera diobati. Karena, infeksi aspergilus bisa memicu kematian si burung.

Berdasarkan kasus umum yang pernah terjadi, aspergillus yang biasa menyerang burung adalah jenis aspergilllus flavus dan aspergillus fumigatus yang menyerang sistem pernafasan. Burung yang biasa terserang adalah merpati, kenari, kakatua. Atau bisa juga menyerang pada ayam, kalkun, bebek, atau angsa. Di alam liar, jenis burung yang biasa terserang aspergillus adalah rajawali, penguin, flamingo, cormorant, nuri, bangau, atau burung hantu.

Jenis jamur aspergillus yang dianggap bersifat merusak (bersifat patogenik) untuk hewan adalah Aspergillus FumigatusAspergillus Niger, Aspergillus Glaukus, Aspergillus Flavus, dan Aspergillus Candidus. Jamur-jamu jahat ini akan menyerang target organ yang berbeda-beda pada unggas dan burung. Sebagai contoh saja adalah Aflatoxin. Aflatoxin bisa menyebabkan kerusakan pada hati burung atau unggas. Aflatoksin ini adalah nama racun yang merupakan kependekan dari Aspergillus Flavus Toxin. Racun ini biasa ditemukan pada kapang jamur Aspergillus Flavus.

 

PENYEBAB MUNCULNYA ASPERGILLUS

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya aspergillus. Berikut adalah beberapa contoh penyebab yang harus diwaspadai oleh para pecinta burung agar burung kesayangan terhindar dari penyakit yang bisa mematikan ini :

  • Penurunan sistem imun tubuh pada burung.
  • Pakan dan minuman burung yang terkontaminasi
  • Populasi burung yang terlalu padat
  • Perjalanan
  • Burung mengalami mal-nutrisi (kurang gizi)
  • Kekurangan sirkulasi udara
  • Burung yang muda
  • Terapi antibiotik (tetraxycline) yang berlebihan
  • Pemberian kortikosteroid (hormon anti peradangan)
  • Iritasi saluran nafas pada burung (dan adanya penyakit tertentu dalam waktu sama).

 

populasi terlalu padat rawan serangan jamur

GEJALA BURUNG TERKENA ASPERGILUS

Burung yang terkena infeksi aspergillus bisa terserang organ saluran pernafasannya pada tahap awal yang masih ringan. Namun, infeksi ini bisa menyebar ke area rongga hidung, trakea, percabangan trakea, dan saluran pernafasan bagian bawah. Penyebaran dapat pula merembet pada organ di sekitarnya. Bahkan, pada tahapan yang parah, infeksi aspergillus akan menyerang dan merusakkan ginjal, syaraf pelvis, gastrointestinal, otak, dan organ mata si burung.

tanda-tanda serangan Aspergillus
tanda-tanda serangan Aspergillus

Tanda atau ciri yang nampak pada burung yang terkena infeksi aspergillus adalah burung akan kesulitan bernafas, stress, badan kurus (walau nafsu makan tetap normal). Kesulitan bernafas dengan rongga hidung ini akan membuat burung bernafas melalui mulut. Dan sebagai akibatnya akan ada perubahan suara dari si burung. Nafasnya pun akan tampak terengah-engah, terutama setelah berlatih terbang.

Tanda lain yang cukup mencolok adalah pada beberapa burung paruhnya akan bengkok. Pada tahap selanjutnya, kaki si burung akan melemah, ngantuk, diare berrbau busuk, dan bulu ekor akan rontok.

Sementara dari hasil nekropsi (pengamatan pada burung yang sudah mati karena infeksi aspergillus) didapati bahwa pada jasad burung yang terinfeksi ditemukan perkejuan berwarna krem dan putih pada bifurkatio (percabangan trakea). Pada area mata juga ditemukan adanya perkejuan dan bengkak.

DAMPAK MERUSAK INFEKSI ASPERIGILLUS

Burung yang terkena aspergillus akan mengalami kerusakan pada organ tubuh atau setidaknya gangguan organ. Berikut adalah beberapa contoh dampak yang terjadi pada burung bila sudah terserang aspergillus:

 Produksi telur akan terganggu serta turunnya hatchability.

  1. Pertumbuhan Bobot Badan (PBB) yang rendah.
  2. FCR (Rasio Pakan) yang tinggi.
  3. Penurunan pigmentasi kulit.
  4. Terjadi kelainan organ dalam, seperti pada organ hati dan ginjal.
  5. Terjadi immunosuppresion (dikarenakan ada kelainan tymus dan bursa fabricus
    sebagai pabrik antibodi).
  6. Penurunan Feed Intake.
  7. Peningkatan mortalitas (Kematian)
burung kenari rawan infeksi jamur
burung kenari rawan infeksi jamur

SOLUSI UNTUK BURUNG YANG TERKENA INFEKSI ASPERGILLUS

Bagi para pecinta burung, penyakit Aspergillus memang sering membuat panik. Burung kesayangan yang biasanya sehat, tiba-tiba diam, lesu, dan tidak aktif dan lincah layaknya burung sehat yang menyenangkan. Namun, menghadapi kondisi seperti ini, para pecinta burung tidak perlu risau dan bingung. Panik tidak menyelesaikan masalah dan justru jauh dari solusi. Hal paling tepat adalah bersikap tenang dan berusaha mencari informasi pengobatan untuk penyakit yang sedang menimpa si burung.

Nah, untuk permasalahan dunia perburungan, kini sudah hadir produk fenomenal berbasis probiotik yang sudah banyak terbukti menyelamatkan burung dari ancaman penyakit mematikan. Aspergilus bisa dikatakan sebagai penyakit yang berbahaya dab mematikan. Namun, sekali lagi Anda tidak perlu galau bila si burung kesayangan Anda sedang mengalami infeksi aspergillus ini. Pengobatan untuk burung secara khusus yang SOLUTIF ini ada pada produk BIOJANNA 6 for Birds. Inilah obat galau bagi pecinta burung agar si burung kesayangan kembali ceria dan terbebas dari ancaman infeksi aspergillus.

biojanna 6 solusi infeksi serangan jamur
biojanna 6 solusi infeksi serangan jamur

BIOJANNA 6 for Birds adalah produk nutrisi PROBIOTIK yang khusus dirancang bagi burung. Dengan diperkaya oleh jutaan populasi bakteria positif dan menyehatkan (bakteri baik) hasi kultur bakteri, BIOJANNA 6 for Birds memiliki multi-manfaat untuk penyembuhan berbagai infeksi pada burung, termasuk  membantu mengatasi kondisi burung yang terinfeksi Aspergillus.

Dengan kandungan bakteri asam laktat, yakbi lactobacillus sp., BIOJANNA 6 for Birds SANGAT EFEKTIF mengatasi mikotoksin yang muncul karena jamur aspergillus tersebut. Beberapa riset telah menujukkan hasil yang signifikansi BIOJANNA 6 for Birds yang kaya kandungan PROBIOTIK untuk penyobatan infeksi aspergilus.

Berikut adalah gambaran cara kerja bakteria dalam BIOJANNA 6 for Birds dalam melawan infeksi Aspergillus hingga burung kembali menjadi sehat seperti sediakala :

  1. Kelompok bakteria asam laktat (BAL) dalam BIOJANNA 6 for Birds yang merupakan mikroba adalah alternatif solusi untuk semua masalah kontaminasi Aspergillus flavus, termasuk memproduksi aflatoksin-nya. Sementara Lactobacillus rhamnosus dan Propionobacterium yang termasuk bakteri asam laktat adalah degradator aflatoksin B1 dan aflatoksin B2 dari usus burung.
  2. Masing-masing spesies bakteri asam laktat dalam BIOJANNA 6 for Birds mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menekan pertumbuhan Aspergillus flavus. Species ini terbilang unik dan unggul yang mempunyai pola metabolisme yang berbeda dan unggul pula. delbruekii dan L plantarum tergolong bakteria asam laktat homofermentatif yang melakukan jalur katabolisme glukosa melalui jalur Embden Meyerhoff Parnas (EMP) atau disebut juga dengan glikolisis. Sementara, L. 51. Arina Tri Lunggani fermentum yang tergolong bakteria asam laktat heterofermentatif tidak memiliki enzim utama jalur glikolisis, yaitu aldolase, untuk melakukan katabolisme glukosa melalui jalur fosfoketolase.
  3. Probiotik Lactobacillus rhamnosus GG mengikat hepatocarcinogen aflatoxin B1 (AFB1) yang poten dan dengan demikian berpotensi membatasi penyerapannya yang cepat dari usus burung.
  4. Probiotik secara umum mampu mengikat secara in vitrosenyawa karsinogen, di antaranya adalah heterosiklik amin selama pemasakan daging, toksin fungi aflatoksin B1, benzo(a) pirene dan makanan yang terkontaminasi aflatoksin AF2.

Demikianlah solusi MUDAH dan TEPAT untuk pengobatan burung yang terkena infeksi aspergillus. BIOJANNA 6 for Birds sudah terbukti dapat mengatasi kondisi aspergillus pada burung kesayangan Anda sebagaimana telah dibuktikan oleh banyak pecinta burung dalam beragam komunitas pecinta burung yang tersebar luas di Nusantara. Cara pemakaiannya pun SANGAT MUDAH, yakni cukup dengan meneteskan cairan BIOJANNA 6 for Birds pada wadah minum si burung.

Inilah pilihan utama dalam menjaga kesehatan burung kita dari aneka ancaman penyakit burung, termasuk terinfeksi aspergillus. Dan, jangan lupa, bila burung Anda telah tersembuhkan dari infeksi aspergillus, SELALU dan PASTIKAN untuk menjaga kebersihan dan sanitasi kandang si burung kesayangan. Karena kebersihan lingkungan sejatinya adalah KUNCI dari perawatan burung yang sehat dan kebal penyakit…..

Untuk perawatan sehari-hari agar burung selalu SEHAT, pastikan juga burung Anda tetap mengkonsumsi cairan ajaib dalam BIOJANNA 6 for Birds dengan selalu mencampurkan atau  MENETESKAN BIOJANNA 6 for Birds ke dalam wadah minuman untuk si burung….  Jadikan tetes-tetes cairan probiotik dalam BIOJANNA 6 for Birds sebagai penjaga dan pelindung burung Anda kapanpun dan dimanapun……

Selamat mencoba dan terus jadikan burung Anda Jawara yang menerbitkan rasa bangga karena Anda selaku pemilik telah mencurahkan kasih sayang yang pantas untuk si burung kesayangan Anda….. !!!

[b6]

=============================

▪Info Produk & Kemitraan : 0857 2852 4744 (Call / SMS/ WA)

▪Order Service : 0813 2814 1084 ( SMS / WA)

Pesan Sekarang Juga …!  Klik Link dibawah ini …!

link WhatsApp biojanna 6

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *