kendala pengeraman telur kenari
artikel

Kendala dan Penanganan pada Proses Pengeraman Telur Kenari

Harapan Para peternak burung kenari adalah bertambahnya populasi burung yang dipeliharanya yang kemudian keturunannya akan dijual kepada kenari mania. Seringkali apa yang dicita-citakan para peternak burung kenari tidak sesuai dengan harapan seperti gagal berjodoh, burung tidak bertelur ataupun sudah bertelur gagal menetas bahkan menetas dengan jumlah minimal sekali. Pada umumnya lama mengeram burung kenari adalah 14 hari atau mulai menetas pada hari ke-14. Setiap hari telur akan menetas satu persatu, dan pada hari ke-19 barulah telur menetas semua. Apabila pada hari ke-19 masih ada 1-2 telur yang menetas, biasanya ada waktu toleransi 1-2 hari sampai menetas atau mengecek telur kenari kosong atau tidak.

Sebenarnya para kenari mania tidak perlu menunggu sampai waktu 19 hari habis untuk menentukan kosong tidaknya telur yang belum mentas. Telur kenari  sudah dapat dipantau fertile tidaknya pada hari 5-8 dengan cara meneropong dengan menggunakan lampu. Peneropongan dilakukan dengan meletakkan telur kenari diatas kayu berlubang kecil yang didalamnya sudah terpasang lampu yang menyala.

Apabila pada saat peneropongan di dalam telur terlihat jernih/bening berarti telurnya kosong/infertile, namun apabila diteropong terlihat warna keruh, merah atau ada benang/serat berarti telurnya ada isi embrio.

ciri kenari betina siap kawin
Ciri Kenari betina siap kawin

Faktor Faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya menetasnya Telur Kenari .

Pada kehidupan perkawinan burung kenari banyak kendala yang berkaitan dengan telur kenari yang tidak dapat menetas. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi gagal-tidaknya telur kenari menetas.

  1. Performa induk betina

Performa induk Kenari betina menentukan menetas-tidaknya telur yang dieraminya. Kendala yang dihadapi karena sel telur yang belum masak pada betina yang berumur muda waktu perkawinan atau betina umurnya sudah terlalu tua sehingga sel telur juga tidak matang. Kenari betina yang pada saat pengeraman sedang mengalami proses mabung/moulting menyebabkan gagal menetas, serta kondisi betina yang sedang stress mengakibatkan banyak telur yang dierami di makan sendiri. Selain itu dapat juga terjadi gagal menetas karena betina mandul atau pada saat penjodohan tidak terjadi perkawinan

  1. Performa kenari jantan

Performa kenari jantan yang terlalu muda, pejantan dalam kondisi mabung, atau kemampuan sel sperma kenari yang tidak mampu membuahi sel telur mengakibatkan kegagalan telur kenari menetas.

  1. Kondisi telur kenari

Kondisi telur kenari seperti telur yang terlalu tebal kerabangnya, telur terlalu tipis kulitnya, telur abnormal, dan telur berpenyakit akan mempengaruhi kegagalan penetasan pada burung kenari.

  1. Masalah lingkungan

Faktor lingkungan juga mempengaruhi kegagalan penetasan. Lingkungan kandang yang terlalu ramai atau bising atau banyak keluar-masuknya orang mengakibatnya burung cepat stress dan merasa tidak nyaman sewaktu mengeram. Cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas , kandang/sarang yang tidak bersih sehingga mudah terserang penyakit serta banyaknya predator yang berkeliaran seperti kucing, tikus,ular dan semut.

Dari hal-hal yang mempengaruhi kegagalan penetasan, ada beberapa hal yang perlu ditangani antara lain :

ciri kenari jantan siap kawin
ciri kenari jantan siap kawin

Perawatan dan Penanganan Kenari pada Proses pengeraman Telur

  1. Pastikan kenari jantan atau betina sudah matang dan siap untuk kawin. Pada jantan sekitar umur 7-8 bulan dan betina umur 6-8 bulan.
  2. Perkawinan tidak dilakukan pada saat burung mabung.
  3. Status gizi pakan lebih ditingkatkan dengan tambahan extrafooding seperti buah apel, buah peer, telur puyuh atau daun sawi.
  4. Berikan pula herbal nutrisi Biojanna6 for bird selama proses perkawinan sampai proses pengeraman dua hari sekali dengan dosis 10 tetes/10 ml air minum.
  5. Pada saat penjodohan dan pengeraman usahakan burung dikarantina atau dijauhkan dari orang-orang yang tidak berkepentingan serta hewan-hewan pengganggu.

 

Demikian beberapa hal yang menjadi kendala serta penanganannya pada saat proses pengeraman telur burung kenari. Semoga bermanfaat.

 

OLEH : drh. Budi Purwo Widiarso,MP dari berbagai referensi /sumber

=========================

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FP : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

=================

▪Info Produk & Kemitraan : 0857 2852 4744 (Call / SMS/ WA)

▪Order Service : 0813 2814 1084 ( SMS / WA)

Pesan Sekarang Juga …!  Klik Link dibawah ini …!

link WhatsApp biojanna 6

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *