cara mengatasi burung ngebatman
artikel

Ciri ciri dan penyebab Burung Ngebatman dan Solusi Mengatasinya

www.biojanna6.com – Dalam dunia pecinta satwa burung, istilah ngebatman atau ngelowo bukanlah istilah yang asing. Meski bagi yang belum akrab dengan dunia kicau mania, bisa jadi istilah ini terdengar aneh. Istilah unik dan terdengar janggal ini langsung mengingatkan kita semua pada tokoh kartun anak, yaitu ‘Batman’.

Lantas, apa sih Ngebatman itu? 

Ngebatman adalah istilah untuk menggambarkan kondisi si burung yang sering mengembangkan sayapnya sambil hanya mengeluarkan suaranya yang perlahan-lahan atau lirih sekali. Biasanya dalam keadaan seperti itu, si burung akan turun ke dasar sangkar. Penyebab burung mengalami ngebatman atau ngelowo ada dua jenis, yakni sebab umum dan sebab khusus.

Secara Umum Penyebab burung Ngebatman :

Sebab umum munculnya burung yang Ngebatman biasanya adalah settingan EF (Extra Fooding) dan settingan perawatan burung. Ini biasanya lebih sering terjadi pada burung berkicau. Penambahan EF pada jenis burung kicau memang diperlukan dalam rangka untuk meningkatkan kondisi birahi burung. Seperti sudah diketahui bersama, kicau burung sangatlah terkait erat dengan hormon-hormon yang berhubungan dengan birahi pada burung.

Settingan EF ini harus dilakukan dengan HATI-HATI, CERMAT, dan TEPAT. Harus diupayakan settingan EF berada pada tingkat “memadai” atau “pas”. Artinya, jangan sampai kurang dan juga jangan sampai berlebihan.

Kekurangan EF dapat memicu kurang normalnya hormonal burung, sehingga hormon-hormon birahi akan menurun yang bisa mengakibatkan si burung menjadi kurang birahi. Bila ini terjadi, salah-salah si burung kicau akan berkurang berkicaunya atau malah tidak mau lagi berkicau. Namun sebaliknya, settingan EF yang berlebihan dapat menyebabkan melonjaknya level hormonal burung. Si Burung akan mengalami birahi yang sangat berlebihan.

Penyebab Burung Ngebatman secara khusus :

Sebab khusus burung bisa mengalami Ngebatman bisa berupa macam-macam. Berikut adalah contoh beberapa penyebab khusus terjadinya ngebatman:

  1. Burung terlalu jinak atau terlalu sering diganggu dengan tangan yang mengakibatkan tingkat agresivitas si burung juga tinggi. Biasanya burung tidak berkicau atau hanya menunjukkan gayanya saja.
  2. Burung sedang dalam kondisi tidak prima, sehingga burung ngebatman untuk menakuti atau memperingati lawannya agar tidak mendekati dirinya. Biasanya burung ngebatman lebih suka berada di dasar sangkar.
  3. Burung sedang dalam kondisi yang masih belum siap (baru beres mabung), namun langsung dipaksakan naik birahinya (dipaksa untuk ikut kontes kicau burung).
  4. Burung terlalu muda hingga kalah mental atau usia burung masih belum siap untuk diikutkan dalam lomba berkicau.
  5. Penjemuran yang berlebihan atau terlalu sering pada si burung.

Solusi untuk burung Ngebatman

Ngebatman atau nge-Lowo sebenarnya merupakan karakter alamiah yang ada pada burung, khususnya burung dengan tipe petarung  atau “burung fighter”, seperti burung Murai Batu atau Kacer.

Kondisi ngebatman pada burung bisa ditangani dengan asupan probiotik khusus untuk burung. Si burung yang ngebatman bisa dibantu atau disupport dengan mengatur EF-nya. Caranya adalah dengan penambahan makanan fungsional PROBIOTIK, seperti yang ada pada produk BIOJANNA 6 FOR BIRDS.

Probiotik bagi burung memiliki fungsi yang signifikan untuk penanganan burung yang Ngebatman, yakni untuk:

  1. Membantu menormalkan kondisi hormonal burung
  2. Menjaga keseimbangan hormonal burung hingga dapat mengatur level hormon birahi burung yang akhirnya dapat mengontrol kondisi birahi burung.
  3. Membantu mengatasi berbagai penyebab ngebatman
  4. Mengontrol kondisi birahi burung.
  5. Men-support burung ketika kondisi mabung hingga mabung dapat terjadi secara normal dan burung kembali ke kondisi sehat pasca mabung.

Namun, secara umum, probiotik bagi Burung amat sangat baik bagi kesehatan burung secara umum. Probiotik menjaga kondisi burung TETAP, SELALU FIT dan SELALU PRIMA dalam menghadapi perlombaan kicau burung.

BIOJANNA 6 FOR BIRDS sebagai produk nutrisi probiotik bagi burung dapat menjadi pilihan utama bagi Anda untuk menangani masalah burung yang ngebatman atau ngelowo ini.

Probiotik dalam BIOJANNA 6 FOR BIRDS yang diperkaya dengan kandungan bakteria positif untuk kesehatan (semua makhluk) juga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan burung, mencegah kondisi ngebatman, mencegah berbagai penyakit, meningkatkan kondisi dan performance burung kesayangan kita.

Pencegahan Burung Ngebatman

Bagaimanapun, mencegah suatu penyakit adalah lebih baik daripada harus direpotkan dengan upaya penanganan penyakit. Untuk itu, sebaiknya, agar burung kita terjauhkan dari gejala atau perilaku ngebatman, maka sebaiknya kita bertindak bijak. Bijak juga merupakan salah satu ekspresi kecintaan kita pada si burung kesayangan kita (Anda setuju, bukan?).

Nah, untuk itu, sebaiknya tindakan bijak YANG HARUS DILAKUKAN DALAM AKSI NYATA untuk mencegah agar burung tidak ngebatman

  1. Perhatikan umur si Burung sebelum diikutkan dalam lomba atau kontes kicau. Bijaklah, bahwa burung yang masih muda belum memiliki pengalaman memadai ketika bertemu pesaing-pesaing atau lawan-lawannya, terutama yang sudah mapan. Emosi si Burung belum stabil dan terkadang meluap-luap, sehingga burung bisa kelelahan, drop mental, dan yang akhirnya mengarah pada perilaku atau gejala ngebatman.
  2. Jangan melombakan si Burung yang belum tuntas masa mabungnya atau sedang beres mabung, terutama ketika sedang proses dorong ekor/sayap. Si Burung yang masih dalam kondisi seperti ini belum memiliki fisik dan stamina yang prima, sehingga rentan mengalami ngebatman atau kalah mental/nge-drop.

Demikian beberapa cara penanganan burung yang sedang mengalami ngebatman.  Semoga bermanfaat dan Semoga burung kesayangan Anda terus tampil prima dalam kontes kicau dan menjadi burung kebanggaan dan kesayangan Anda yang kaya prestasi karena penampilannya yang selalu prima..

============================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#transfer biaya

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

 

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======

Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
drh. Budi Puwo Widiarso, MP
Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *