konsultasi burung biojanna 6
Konsultasi

CARA MERAWAT BURUNG MURAI BATU MACET BUNYI

Oleh : drh. Budi Purwo Widiarso, M.P

cara merawat burung murai batu macet bunyi
cara merawat burung murai batu macet bunyi secara alami

Burung Murai Batu Macet Bunyi

Banyak KICAU MANIA peternak atau hobiis burung murai batu (MB) mengalami hilang suara atau burung macet bunyi. Suara hilang karena serak pada burung Murai Batu (MB) membuat kicau burung tidak keras, kicau burung tidak nyaring, dan bisa dikatakan jelek. Tentu ini akan mengurangi penampilan murai batu, terlebih jika burung MB  akan berpartisipasi dalam kontes burung.

Burung macet bunyi, suara hilang atau serak bisa saja menyerang burung murai batu ini disebabkan oleh beberapa faktor ,

Penyebab Burung Murai Batu Macet Bunyi

  1. Manajemen pemberian MAKANAN BURUNG yang salah.

Penyebab pertama murai batu yang hilang suara atau burung murai batu macet bunyi adalah pemberian makanan burung yang salah, dan lebih spesifik lagi karena kroto yang sudah basi. Karena sudah tidak layak makan mengandung/ terdapat mikroba yang berbahaya bagi kesehatan burung termasuk suaranya. Suara Murai Batu serak MB bisa juga disebabkan karena voer yang jarang diganti sehingga  bisa menggantinya dengan full kroto atau kombinasi keduanya

  1. Gangguan atau infeksi saluran pernapasan.

Psittacosis adalah salah satu penyebab burung serak atau bahkan kehilangan suara sehingga burung macet bunyi. Menurut dokumentasi dalam New South Wales Multicultural Health Communication Service (mhcs.health.nsw.gov.au) psittacosis adalah penyakit langka yang biasanya ditularkan burung kepada manusia dan disebabkan oleh kuman yang bernama Chlamydia psittaci. Burung yang terkena serangan ini kadang tidak menunjukkan tanda yang signifikan karena burung hanya terlihat lesu kehilangan suara atau serak. Pada banyak kasus, burung juga bersin-bersin atau batuk bahkan sulit bernafas, beringus, dan kadang juga disertai mencret.

  1. Sirkulasi dan kualitas udara yang buruk.

Kualitas dan sirkulasi udara yang bagus wajib diperhatikan dalam memelihara burung murai batu. Keadaan  sirkulasi udara yang  tidak bagus akan membuat suara burung murai batu menjadi serak bahkan burung murai batu macet bunyi.

  1. Terlalu sering diadu dengan burung lain, baik sengaja maupun tidak.

Inilah hal sepele yang jika dibiarkan akan membuat Burung Murai Batu MB menjadi serak. MB adalah jenis burung kicau fighter/petarung yang akan selalu berkicau jika ada “musuh” baik dari burung sejenis ataupun burung kicau lain, maka MB akan menandinginya dengan cara berkicau seharian penuh. Inilah salah satu sebab yang bisa membuat MB menjadi serak. Dilombakan boleh saja, tetapi harus ada waktu “istirahat” agar kondisi fisik, mental, dan suaranya tetap terjaga.

  1. Kesalahan dalam Pola Penjemuran Burung Murai Batu.

Masalah klasik yang sering dihadapi oleh para kicau mania adalah penjemuran. Penjemuran burung murai batu MB yang salah bisa berakibat pada rusaknya/seraknya suara murai batu MB anda. Pastikan anda menjemur MB sekitar jam 7 atau 8 pagi dan diteduhkan sebelum jam 10. Misalnya anda menjemur MB dari jam 07.30 pagi selama 2 jam. Maka Burung Murai Batu MB harus diangkat pada jam 09.30 tepat. Untuk jamnya, disesuaikan dengan iklim di daerah anda.

Pengobatan dan pengendalian Burung Murai Batu Macet Bunyi

Banyak  penyebab murai batu mengalami hilang suara atau murai batu macet bunyi, pada kesempatan ini akan disampaikan hal hal  mengenai cara pengobatan dan pengendalian hilang suara pada burung murai batu antara lain :

  1. Pisahkan burung murai batu dari burung yang lain agar tidak menularkan penyakit ini lalu minuman burung murai batu di tambahan suplemen burung yaitu Biojanna 6 for bird dengan dosis 10 tetes tiap 100 ml air minum setiap hari.
  2. Berikan OBAT Gurah BURUNG Alami yaitu Gurah Burung HerbalGurah Pro” dengan dosis 1 tetes pada hidung kanan & kiri, juga berikan 5 tetes pada 50 ml air minum burung.
  3. Melakukan penghilangan semua parasit, jamur dan bakteri di kandang, juga lingkungan burung dengan BioJanna 6 for bird 10 ml + air 300 ml untuk di semprotkan secara merata, atau bila perlu gunakan antiseptik.
  4. Pakan kombinasi antara kroto dan voer tetapi anda wajib terjaga kualitasnya. Berikan voer dan kroto yang benar-benar bagus dan segar.
  5. Minuman burung murai batu dapat menggunakan tambahan nutrisi burung alami yaitu Biojanna6 for bird dengan dosis 10 tetes tiap 100 ml air minum setiap hari.
  6. Tidak memberikan ulat hongkong dulu selama masa penyembuhan. Dapat menggantikannya dengan cacing yang efektif mengatasi suara serak pada MB / Murai Batu Macet Bunyi.
  7. PERAWATAN BURUNG dengan pemberian ekstrafooding jangkrik, dipastikan menghilangkan kepala, sayap, dan kaki jangkrik sebelum diberikan pada MB. Sebaiknya mengolesi jangkrik dan kroto dengan Biojanna 6 atau madu murni sebelum diberikan kepada burung murai batu

 

Baca juga

# Biojanna 6 for bird | Nutrisi Burung Alami

BioJANNA 6 For Bird Tetes 280 ml

# Gurah Pro | Gurah Burung Alami –  Gurah Burung Herbal

GURAH PRO… Gurah Burung Herbal Alami untuk semua jenis Burung

 

Customer Service Biojanna 6

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)

Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

PIN BB : 537B4EB3

 

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#transfer biaya

Kirim ke nomor : 0813 2814 1084

 

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======

Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN

Bersama Konsultan Ahli Biojanna 6

drh. Budi Puwo Widiarso, MP

Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Pin BB : D44C45F6

 

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *