Tips menjinakkan burung kicau
artikel

Cara Menjinakkan Burung Kicau

Tips menjinakkan burung kicau
Tips menjinakkan burung kicau

 

 

 

 

 

Burung merupakan hewan yang pandai dan biasa dijadikan hewan peliharaan dirumah atau hewan yang sering dilombakan, terutaman burung kicau. Cara menjinakkan burung kicau pun tidak sulit, namun memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Burung kicau sendiri jenisnya sangatlah banyak, seperti burung lovebird, cucak hijau, murai, pleci, kacer, dan sebagainya. Setiap burung memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga ada burungnya mudah untuk dijinakkan ada pula yang lebih sulit dijinakkan.

Hal yang perlu diperhatikan selain jenis dan kerakteristik burung adalah asal-usul dari burung. Burung yang dibeli dari hasil penangkaran cenderung lebih mudah untuk dijinakkan dibandingkan burung hasil tangkapan hutan. Burung membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dari tempat tinggalnya yang dulu dengan lingkungan barunya. Burung yang belum jinak akan sulit mengeluarkan kicauan terbaiknya dan sulit untuk dirawat. Biasanya burung masih malu-malu atau bahkan cenderung diam dan hanya sesekali mengeluarkan kicauannya.

Ada beberapa cara atau teknik untuk menjinakkan burung kicau, yakni

seperti berikut ini:

  1. Mengkarantina Burung Liar

Burung hasil tangkapan dari hutan sebaiknya ditempatkan ditempat yang sepi, sendirian dan dikerodong terlebih dahulu untuk mengurangi stres sebelum di tempatkan ditempat tinggi. Cara ini juga bisa digunakan untuk menjinakkan semua jenis burung kicau, bedanya jangan menaruh kandang terlalu tinggi lebih dari kepala manusia ketika menjinakkan burung kacer.

Berikan pakan alaminya, seperti biji-bijian, buah, jangkrik, disesuaikan dengan jenis burung. Jangan lupa untuk terus memantau apakah burung memakan makanannya atau tidak untuk memastikan tingkat kestresan burung.

Karantina burung berfungsi untuk mengurangi stres karena berpindah dari tempat lama dan beradaptasi ditempat yang baru. Apabila dirasa sudah tidak stres bisa dilakukan treatmen selanjutnya yaitu bagaimana cara membuat burung tidak ketakutan melihat manusia.

  1. Tempat Penyimpanan Burung

Taruh posisi kandang ditempat ramai lalu lalang orang dengan ketinggian tertentu. Pada awalnya dimungkinkan burung akan sangat aktif, melompat-lompat juga menabrak-nabrak sangkar karena ketakutan dan tidak nyaman. Ada kemungkinan juga akan melukai dan merusak bulu burung. Tidak perlu khawatir, karena luka pasti akan sembuh dan bulu akan tumbuh lagi. Proses ini membutuhkan banyak waktu, sekitar 2-4 minggu, tahap pertama bisa dicuba selama 1 minggu di ketinggian 3 meter, minggu berikutnya turunkan ketinggian menjadi 2 meter dan seterusnya hingga burung lebih tenang saat didekati oleh manusia.

  1. Teknik Memandikan Burung

Teknik yang satu ini sangat bagus untuk menjinakkan burung. Selain itu memandikan juga bisa menyehatkan tubuh burung. Teknik mandi kuyup adalah memandikan burung hingga basah kuyup atau kedinginan. Burung yang basah kuyup cenderung lebih diam, tidak banyak bergerak dan mudah didekati oleh manusia dibandingkan dengan burung yang kering.

Memandikan burung haruslah dilakukan dengan rutin, sehingga burung menjadi terbiasa dan beranggapan bahwa manusia bukanlah ancamannya. Selain itu memandikan burung membuat burung mudah lapar karena banyak kalori yang terbakar untuk menghangatkan tubuhnya. Nah, disaat seperti ini, burung akan bergantung pada pemiliknya yang memberikan makanan.

  1. Teknik Pemberian Pakan

Pada teknik no 3 burung yang dimandikan akan merasa lapar, dengan begitu inilah kesempatan anda untuk lebih dekat burung anda, berikan makanan dengan menggunakan lidi dan didekatkan dengan burung, jika burung belum mau. Tunggu dan lakukan lagi setelah beberapa menit. Ada pula cara lain, yakni dengan mengosongi tempat makan burung saat malam hari, sehingga burung akan merasa lapar di pagi hari dan anda bisa melakukan hal yang sama seperti menyodorkan makanan dengan lidi. Jika sudah berhasil cobalah memberikan makanan dengan tangan anda secara langsung. Untuk pakan tetap harus disesuaikan dengan jenis burungnya.

 

Selamat Mencoba 😀

=========================

Temukan BioJANNA 6 For Bird di  : 

Website : www.biojanna6.com

FB : probiotik burung

Youtube : burung probiotik

=================

▪Info Produk & Kemitraan : 0857 2852 4744 (Call / SMS/ WA)

▪Order Service : 0813 2814 1084 ( SMS / WA)

Pesan Sekarang Juga …!  Klik Link dibawah ini …!

link WhatsApp biojanna 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *