Menghasilkan murai batu gacor memerlukan perawatan. Penambahan viagaro bisa membantu dengan 3-5 tetes ke air minum pagi & sore 1 hari sebelum lomba
artikel Testimoni

CARA MEMBUAT BURUNG MURAI BATU GACOR

 

Murai Batu atau Kucica Hutan merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat digemari oleh kicau mania. Selain memiliki keindahan fisik yang menonjol dibagian ekor, Murai Batu juga memiliki suara kicauan yang sangat elok. Tidak heran jika Murai Batu kerap menjadi burung andalan untuk dilombakan. Namun, untuk menghasilkan murai yang gacor memerlukan perawatan yang bisa dikatakan tidak mudah. Perlunya kesabaran dan juga ketelatenan dalam merawat Murai Batu. Berikut ini beberapa tips agar Murai Batu gacor dan tetap sehat:

  1. Pengembunan Murai Batu

Pengembunan atau mengangin-anginkan Murai Batu dilakukan pada pagi hari. Sebelum dimandikan dengan cara diletakkan di luar rumah selama kurang lebih 30 menit. Tujuan dari pengembunan ini agar murai beradaptasi dengan lingkungan.

  1. Memandikan Murai Batu

Setelah diangin-anginkan Murai Batu bisa dimandikan dengan cara disemprot atau dimandikan didalam kurungan. Pastikan anda menggunakan/mensetting agar cipratan air berupa buliran air yang lembut sehingga tidak akan melukai burung. Memandikan berfungsi agar burung bersih dan kebal terhadap penyakit. Disarankan untuk memandikan secara rutin, karena jika burung kotor akan sangat mudah terkena penyakit. Selain itu burung yang sakit otomatis tidak bisa mengeluarkan kicauan terbaiknya.

  1. Penjemuran

Setelah dimandikan, burung bisa dijemur kurang lebih 1 jam. Pastikan saat melakukan penjemuran, Burung Murai Batu anda tidak melihat Burung Murai Batu lainnya.

  1. Membersihkan Sangkar Secara Berkala

Kebersihan sangkar sangatlah penting, jika anda rajin memandikan burung namun sangkarnya kotor, sama saja tidak berguna. Sangkar yang bersih akan membuat burung menjadi lebih nyaman dan terhindar dari penyakit. Sangkar yang kotor dan lembab akan menyebabkan jamur tumbuh dengan cepat. Bersihkan sangkar secara rutin dan berkala. Karena burung yang nyaman akan mudah mengeluarkan kicauan terbaiknya.

  1. Pemberian Makanan

Setelah dimandikan, sebaiknya anda memberikan sarapan sembari melakukan penjemuran. Anda bisa memberikan beberapa ekor jangkrik, sesuai dengan porsi makannya. Jangan lupa untuk selalu mengganti cepuk minum dengan air yang baru setiap harinya dengan ditambahkan dengan B6 tetes sebanyak 5-6 tetes kedalam cepuk minum burung atau air mandi.

  1. Pemasteran Murai Batu

Pemasteran juga merupakan langkah penting. Pemasteran bisa dilakukan sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore. Karena burung lebih mudah menangkap suara masteran di jam-jam tersebut. Pemasteran bisa dilakukan dengan menyalakan mp3 suara burung murai batu yang bagus atau dengan suara burung asli. Lakukan kurang lebih 15 menit saja karena jika terlalu lama Murai Batu bisa menjadi stres.

  1. Mengamati Karakter Murai Batu

Setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda. Amati Murai Batu peliharaan anda, dari selera dan porsinya bisa saja berbeda dengan burung Murai lainnya sekalipun masih sejenis. Pastikan anda memberikan porsi atau takaran yang tepat sesuai dengan burung peliharaan anda.

  1. Penempatan Lingkungan Disesuaikan Dengan Habitat

Murai bisa menjadi lebih cepat gacor ketika berada di habitatnya. Bisa dengan meletakkan ranting kedalam sangkar burung. Sebelum Murai Batu gacor, sebaiknya jangan pindah-pindah tempat terlebih dahulu agar Murai Batu merasa bahwa tempat tersebut adalah wilayah kekuasaannya, sehingga Murai Batu berkicau untuk menunjukkan bahwa dirinya penguasa wilayah tersebut.

Setelah  Murai Batu gacor, tempat gantangannya bisa dipindah-pindah untuk membiasakannya berkicau dimanapun digantang.

  1. Penambahan Vitamin Atau Doping Alami

Penambahan vitamin atau doping alami bisa membantu mempercepat agar Murai Batu gacor. Bisa dengan pemberian Viagaro pada Murai Batu dengan pengaplikasian sebagai berikut.

  • Berikan 3-5 tetes Viagaro ke air minum pagi & sore 1 hari sebelum lomba.
  • Hari H, berikan 3-5 tetes Viagaro ke air minum burung 1-2 jam sebelum lomba.
  • Kocok sebelum dipakai.
  • Setelah 6 jam minuman yang dicampur Viagaro harus dibuang!!!

 

Selamat Mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *