mencegah egg binding pada burung
artikel

Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi EGG BINDING pada burung

biojanna6.com – Memiliki hobi di dunia burung harus tekun dan sabar, terkhusus ketika burung kesayangan menghadapi penyakit, semisal penyakit egg binding atau “telur burung macet”. Tidak hanya penyakit egg binding, apapun penyakit yang menimpa si burung kesayangan, harus dihadapi dengan sikap kesabaran. Gara-gara penyakit egg binding inilah, tak sedikit pehobi atau peternak burung merasa putus asa.

Mungkin ini bisa dianggap wajar, karena burung yang terkena penyakit egg binding akan rawan dan mengarah pada kegagalan si burung dalam memproduksi anakan-anakan baru. Mimpi memiliki banyak burung pun buyar. Ya, inilah yang terjadi pada pehobi atau peternak yang mudah putus harapan. Padahal, dengan solusi mudah, penyakit egg binding bisa ditangani. Formula probiotik adalah jawaban untuk penyakit egg binding.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan formula ini, burung yang terserang egg binding akhirnya bisa menetaskan banyak anakan-anakan baru yang sehat. Bisnis menangkar burung pun jadi lancar. Kuncinya adalah, jangan mudah putus asa demi si burung kesayangan. Banyak solusi yang bisa ditempuh untuk kesehatan, vitalitas, dan kebugaran burung kesayangan Anda agar selalu produktif dan bisa tampil prima.

 

Sekilas tentang egg binding

Egg binding adalah ketidakmampuan pada burung betina untuk mengeluarkan telur dari kantong telurnya atau tersumbatnya saluran pengeluaran telur. Tidak jarang kasus egg binding yang akut, burung pun bisa mati karenanya.

Menurut beberapa penelitian, ada dua jenis penyebab egg binding, yakni penyebab dari luar dan dari dalam (dari si burung itu sendiri|). Penyebab dari luar semisal adalah lingkungan yang kurang bersih atau adanya ancaman oleh predator yang membuat burung stress. Sementara penyebab dari dalam semisal adalah: kelainan genetik burung, kekurangan vitamin, rendah kalsium, kegemukan, atau burung terlalu muda.

Untuk mengetahui burung mengalami egg binding tidaklah sulit. Pada kondisi burung yang terlentang, benda keputih-putihan yang terlihat melingkar tepat di atas telur adalah grit yang berada di dalam ventriculus. Ketika itu, gejala yang muncul adalah perut burung yang tampak membuncit. Atau melalui rabaan tangan saja sudah bisa dengan mudah mendeteksi adanya gejala telur-lengket. Misalnya, perut buncit terasa keras atau kenyal.

Atau dengan cara yang lebih canggih lagi (yang sudah umum dilakukan pada kesehatan manusia), yaitu dengan dengan menggunakan sinar-X. Sinar-X bisa memberi bantuan yang signifikan dalam membuat diagnosis atas telur-lengket karena adanya egg binding. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika burung cukup kuat.

Egg Binding bagi para pehobi atau pecinta burung terasa menakutkan. Karena bisa mengakibatkan kematian pada si burung. Atau berhentinya hobi atau usaha di dunia penangkaran burung karena burung berhenti bertelur.

Dalam suatu artikel disebutkan bahwa burung yang mengalami egg binding yang ditandai dengan adanya telur-lengket, sangat menderita. Pada kondisi seperti ini burung MUTLAK memerlukan perawatan darurat. Si burung menderita hipotermia dan karenanya memerlukan pemanasan segera. Hipotermia akan bisa menyebabkan burung keracunan karena mereka tidak mampu menghilangkan produk sampah di dalam tubuhnya. Pada keadaan seperti ini, burung bisa juga mengalami dehidrasi akibat rendahnya asupan pakan. Dalam kondisi ini, cairan hangat bisa diberikan kepada burung untuk upaya pertolongan.

ciri ciri egg binding pada burung

 

Ciri-ciri burung terkena egg binding

Nah, agar Anda mudah mengenali apakah burung kesayangan Anda terkena penyakit egg binding, berikut adalah ciri-ciri burung yang sedang terkena egg binding. Waspadalah dan segera ambil tindakan tepat bila gejala ini tampak pada burung kesayangan Anda : 

  1. Nafas burung tersengal-sengal atau sering sesak nafas
  2. Bengkak di area sekitar kloaka burung.
  3. Sulit buang kotoran
  4. Bulu yang mengembang
  5. Burung terlihat tegang atau gemetar
  6. Sering duduk di dasar sangkar

Lantas, bagaimanakah solusi tepat untuk burung yang mengalami egg binding ?

Ada beberapa cara penanganan pada burung yang sudah mengalami kondisi egg binding. Di dunia barat, semisal ada cara yang disebut dengan “tangan digital” yang disorongkan untuk membantu burung mengeluarkan telur yang lengket. Cara lain adalah: dengan membenamkan sebagian tubuh ayam ke dalam wadah berisi air hangat dicampur sabun sambal melakukan pijatan lembut di sekitar tulang pinggul si burung.

Namun, seperti pepatah mengatakan, “Adalah lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Itulah yang mesti kita lakukan. Dan, Alhamdulilaah, kini sudah hadir produk anti-egg binding bagi pehobi, peternak burung, dan semua pecinta burung.

 

Produk itu adalah formula probiotik BIOJANNA6 for Birds.

BioJANNA 6 For Bird Tetes 280 ml

BIOJANNA 6 for Birds mampu membantu mencegah burung kesayangan Anda mengalami kondisi egg binding. Rajinlah memberikan untuk burung kesayangan Anda dengan BIOJANNA 6 for Birds.

BIOJANNA 6 for Birds adalah ‘produk legenda’ berwujud formula ampuh yang mengandung probiotik (bakteri penolong), bakteri asam laktat lengkap, seperti lactobacillus sp. Probiotik ini sudah terbukti sangat baik menuntaskan penyebab-penyebab penyakit egg binding.

 Mengapa BIOJANNA 6 for Birds ampuh mencegah egg binding ?

Bakteri positif dan handal seperti jenis lactobacillus sp. dalam BIOJANNA 6 for Birds sudah lama terbukti dapat menguraikan lemak ataupun kolesterol yang umumnya menjadi pemicu timbulnya obesitas. Lactobacillus sp. juga AMPUH dalam meningkatkan metabolisme tubuh, menguraikan zat-zat makanan, sehingga mudah diserap dan mudah pula dibuang sisa-sisa yang tidak digunakan tubuh. Inilah yang akan mencegah obesitas pada burung Anda dan juga akan menjauhkan dari penyakit egg binding.

BIOJANNA 6 for Birds juga mengandung kalsium  tinggi (hi-calcium), sehingga mampu memenuhi kebutuhan kalsium untuk burung. Selain untuk pembentukan tulang yang baik, kalsium juga digunakan untuk pembentukan cangkang telur, sehingga dapat mencegah terjadinya egg binding.

BIOJANNA 6 for Birds juga sangat kaya vitamin dan mineral lain, seperti vitamin C, zat besi, seng (zn), magnesium, serta phosphor yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas telur, serta memudahkan burung kesayangan Anda dalam bertelur mulus tanpa hambatan. [b6]

===================================

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)
Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)
PIN BB : 537B4EB3

Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#transfer biaya

Kirim ke nomor : 0813 2814 1048

 

====== Kriiiing … Hallo Dok!!!======

Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN
Bersama Konsultan Ahli B6
drh. Budi Puwo Widiarso, MP
Call / sms / WA : 0812 1584 8964
Pin BB : D44C45F6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *