Bikin Kacer Gacor Terus
artikel

CARA MEMBUAT KACER BIAR GACOR

Bikin Kacer Gacor Terus
Bikin Kacer Gacor Terus

 

 

 

Kacer adalah salah satu jenis burung kicau yang sering dilombakan karena memiliki suara yang merdu. Banyak orang yang tertarik untuk merawatnya, sebab pada dasarnya kacer mempunyai jiwa petarung. Namun, untuk mendapatkan atau menghasilkan kacer yang gacor bukanlah hal yang mudah. Untuk menjadikan burung kacer cepat gacor membutuhkan usaha, perawatan, kesabaran, waktu dan modal yang tidak sedikit.

Perawatan burung kacer menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan, khususnya untuk pemula. Setelah membeli kacer, pemula harus mengerti bagaimana cara merawat burung kacer agar cepat gacor. Tidak bisa asal memberi pakan dan membersihkan kotoran saja karena itu tidak akan membantu membuat kacer menjadi gacor.

Menjadikan burung kacer cepat gacor harus melalui beberapa tahapan dan perawatan rutin agar hasilnya maksimal. Berikut beberapa yang harus dilakukan dan diperhatikan:

  1. Memilih Jenis Kelamin saat membeli kacer

Burung kacer yang dapat berkicau hanyalah yang berkelamin jantan. Maka dari itu ada beberapa ciri-ciri burung kacer yang perlu diperhatikan.

  • Bentuk kepala kacer lebih persegi atau lebih rata.
  • Lidah memiliki 1-2 bercak hitam atau blackspot.
  • Ukuran paruh biasanya pendek dan berwarna hitam pada bagian atas dan bawah.
  • Postur langsing, dada lebih bidang dan ketika berdiri lebih tegap.
  • Saat posisi diam, ekor kacer jantan terlihat lebih rapat, tidak terpisah.
  • Bulu bagian punggung dan sayap berwarna hitam sedikit legam.
  • Suara kacer jantan lebih nyaring, gacor dan bervariasi.
  1. Memberikan pakan, minum dan vitamin pada kacer

Pemberian pakan, minum dan vitamin mejadi poin penting dalam membantu membuat kacer menjadi gacor. Makanan dari kacer bisa berupa makanan alami ataupun buatan.

  • Makanan alami

  1. Serangga yakni kroto (telur semut jenis angkrang), semut, belalang, jangkrik, atau larva tawon.
  2. Sayuran seperti tauge, selada, sawi dan kangkung.
  3. Buah seperti mentimun, kersen, pisang, apel, pepaya, mengkudu, dan jeruk.
  4. Biji-bijian seperti jagung, kacang hijau, padi dan gandum.
  5. Hewan kecil seperti ikan kecil, katak kecil dan kecebong. Pemberian hewan kecil ini bisa juga berguna untuk penstabilan ketika birahi.
  6. Hewan melata seperti ulat bambu, ulat hongkong, cacing, kelabang cicak kecil dll. Namun tidak boleh diberikan terlalu sering.
  • Makanan buatan

Makanan buatan seperti voer, pilihlah voer yang mengandung tinggi protein namun rendah lemak. Bertujuan agar burung tetap sehat dan tidak mengalami penggemukan. Ada juga makanan buatan pabrik yang bisa diberikan pada kacer seperti pelet lele, tepung kroto, tepung cacing, dan tepung jangkrik.

  • Minum

Pastikan air didalam cepuk selalu diganti dan dalam keadaan bersih. Karena jika air tidak diganti akan menjadi kotor dan menjadi sumber penyakit. Jika air tidak ditambah atau air habis akan membuat burung menjadi dehidrasi. Untuk menjaga kesehatan dan menambah nutrisi burung bisa ditambahkan 5-8 tetes B6 setiap harinya.

  • Vitamin atau Doping

Pemberian vitamin tambahan atau doping bisa merangsang burung kacer agar lebih cepat gacor. Untuk vitamin harian bisa dengan menggunakan B6 yang diteteskan kedalam air minum burung sebanyak 5-8 dan diganti setiap harinya. Sedangkan untuk doping lomba bisa menggunakan Viagaro dengan pengaplikasian 5-8 tetes satu hari sebelum lomba dan 1 jam sebelum lomba.

  1. Membersikan kandang kacer secara rutin

Kandang burung kacer harus dibersikan setiap harinya dengan rutin karena jika kotoran burung menumpuk akan menyebabkan jamur dan juga bakteri sehingga dapat mempengaruhi kesehatan burung.

  1. Memandikan dan menjemur kacer secara berkala

Sebelum dimandikan, sebaiknya kacer diangin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih 20 menit. Setelah itu burung bisa dimandikan dengan sprayer dan buat settingan spray menjadi butiran air sehingga tidak menyakiti burung kacer. Semprot tubuh burung sampai merata. Mandikan burung di waktu pagi sekitar jam 8-10 atau setelah jam 4 sore. Lakukan pemandian 3 kali dalam seminggu.

Manfaat dari memandikan kacer menjadikan burung lebih lincah, membuat burung lebih tenang, mengatasi birahi yang berlebihan, menjadikan kacer lebih jinak dan menjadikan burung kacer menjadi lebih gacor.

  1. Memasterkan burung

Untuk mematangkan suara kicauan kacer bisa dilatih dengan masteran. Pemasteran yang baik dilakukan ketika sore hari karena udaranya tidak terlalu dingin atau panas. Pilihlah suara masteran yang memiliki kualitas bagus. Usahakan untuk melakukan pemasteran setiap hari secara rutin dan tetap mengamati perkembangan kualitasnya.

  1. Menempatkan pada lingkungan yang baik dan kondusif

Kacer adalah jenis burung yang tidak menyukai keramaian. Sehingga penempatan kandang menjadi hal penting. Pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari kegaduham. Jika kacer ditempatkan didekat keramaian akan membuat kacer mudah stres, jika sudah stres kacer akan enggan berkicau.

Namun, melatih mental burung juga penting agar tidak minder saat bertanding dengan burung-burung lainnya. Melakukannya harus dengan dibiasakan secara perlahan jangan secara tiba-tiba memindahkan kandang ke tempat ramai dalam waktua yang lama.

Bisa dengan cara menaruh beberapa burung bersandingan, kemudian amati perkembangannya. Jika dirasa membuahkan hasil, burung kacer bisa mulai ditaruh di pinggir jalan atau teras rumah.

  1. Menjinakkan kacer

Cara menjinakkan kacer cukup mudah, seperti rutin memandikan, mengelus bulunya dan juga menyuapi kacer dengan makanan yang disukainya.

  1. Mengkerodong kacer pada saat-saat tertentu

Mengkerodongi kacer saat cuaca dingin, terutama dimalam hari atau saat hujan karena biasanya suhu udara menjadi dingin. Pengerodongan berfungsi menjaga kesehatan kacer dari ancaman penyakit serta mencegah kacer dari pemangsa. Karena burung kacer bukanlah burung dengan ukuran yang besar, sehingga rentan menjadi incaran mangsa seperti tikus, kucing maupun ular.

  1. Mengadu kacer dengan kacer yang lain

Mengadukan kacer dengan kacer yang lain bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membuatnya lebih gacor, hanya perlu menyandingkan kacer dengan burung kacer lain. Kacer akan merasa tertantang dan mulai berkicau lebih lantang dari lawannya.

SELAMAT MENCOBA 🙂

▪Info 

Produk & Kemitraan : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)

▪Order Service : 0813 2814 1084 (Call / sms / WA)

✅ Cara Pemesanan via SMS atau WA

Ketik : nama lengkap#Alamat Surat#item Produk#jumlah produk#transfer biaya

Kirim ke nomor : 0813 2814 1048

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *