perawatan anakan lovebird
artikel

Bagus Mana ? Anakan Lovebird dirawat Induknya atau disapih ?

Metode Perawatan Anakan Lovebird dikalangan para Breeding dikenal dalam 2 cara, yaitu dibiarkan anakan lovebird dirawat Induknya atau cara yang kedua yaitu disapih dari Indukannya. Kemudian ada pertanyaan, bagus mana anakan Lovebird dirawat oleh Indukan atau disapih ?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita fahami dulu 2 metode perawatan anakan lovebird tersebut.

1. Anakan Lovebird dirawat Induknva

Sebagian besar peternak Lovebird lebih memilih cara seperti ini dalam merawat anakan Lovebird yang baru menetas. Selain aman, cara seperti ini juga dianggap lebih praktis tidak banyak menyita waktu.
Anakan Lovebird yang baru saja menetas dibiarkan diasuh sendiri oleh induknya sampai usia remaja. Usia remaja ditandai dengan keluarnya sang anakan Lovebird dari kotak glodok dan sudah memiliki bulu-bulu sayap yang lengkap. Anakan Lovebird yang sudah keluar dari glodok sudah bisa terbang  dan makan sendiri tanpa disuapi lagi oleh induknya.

Biasanya anakan-anakan Lovebird yang baru keluar dari glodok seperti inilah yang sudah mulai dijual oleh  peternak Lovebird dan banyak dicari para pembeli karena harganya tidak terlalu  mahal. Anakan Lovebird yang dirawat menggunakan cara seperti ini memiliki  kelemahan. Yaitu setelah anakan Lovebird berumur dewasa menjadi kurang jinak dan takut bila didekati karena tidak terbiasa berinteraksi dengan manusia. Disamping itu berdasar pengalaman anakan lovebird yang dirawat langsung oleh induknya mempunyai perkembangan yang lebih baik dari pada di sapih, dari sisi imun maupun fisiknya

2. Anakan lovebird disapih

Cara seperti ini cocok digunakan untuk peternak Lovebird yang mengejar produksi. Anakan Lovebird bisa mulai disapih setelah berumur 5 hari terhitung sejak telur menetas. Dengan disapih, indukan Lovebird tidak perlu merawat anaknya sehingga sang induk bisa segera dikawinkan lagi.

Cara disapih dilakukan dengan memisahkan anakan Lovebird yang baru menetas dari induknya untuk dirawat sendiri secara intensif. Anakan Lovebird yang disapih ditempatkan dalam kandang khusus yang didalamnya dilengkapi dengan bolam lampu sebagai penghangat. Kandang khusus bisa berupa kardus yang didalamnya diberi bolam lampu dengan daya 5 – 10 Watt. Fungsinya untuk menghangatkan tubuh anakan Lovebird supaya tidak kedinginan.  Perawatan anakan Lovebird dengan cara disapih jarang dilakukan peternak Lovebird. Selain menyita waktu. anakan Lovebird yang disapih dipercaya memiliki daya tahan tubuh yang kurang bagus dibandingkan dengan yang diasuh sendiri oleh induknya. Tetapi apabila dirawat secara intesif dan diberi pakan yang bergizi ditambah lagi dengan pemberian vitamin secara rutin, dengan sendirinya akan meningkatkan sistim kekebalan tubuh Lovebird sehingga tidak mudah terserang penyakit dan perkembangannya baik.

  • Perawatan Anakan Lovebird yang disapih

Saat disapih, anakan Lovebird bisa mendapatkan asupan gizi dari makanan Iain selain makanan yang biasa diberikan oleh induknya. Makanan yang diberikan bisa berupa cereal instan untuk bayi. Cereal instan untuk bayi dikenal memiliki komposisi kandungan gizi yang bagus, cocok digunakan sebagai pakan untuk anakan Lovebird.

Terlebih dahulu cereal instan untuk bayi disedu dengan air hangat sampai kekentalannya menyerupai susu kental manis. Setiap 1- 2 jam sekali anakan Lovebird disuapi dengan cereal instan untuk bayi sampai temboloknya jika diraba dengan jari terasa penuh. Apabila saat diraba temboloknya dirasa sudah penuh, proses penyuapan bisa dihentikan dan diulang lagi setiap 1 – 2 jam berikutnya. Demikian seterusnya proses penyuapan dilakukan rutin setiap hari sampai anakan Lovebird berumur 1 bulan baru proses penyuapannya dihentikan. Setelah berumur 1 bulan anakan Lovebird sudah mulai belajar makan sendiri dan bisa mulai dipindah kedalam kandang intensif.

Cara menyuapi anakan Lovebird dengan menggunakan alat bantu berupa spet suntikan yang telah dimodifikasi pada ujung jarumnya dilepas diganti dengan karet pentil. Penggunakan karet pentil untuk memudahkan memasukkan makanan kedalam mulut anakan Lovebird yang hendak disuapi. Menyapih anakan Lovebird yang baru menetas dan merawatnya sendiri secara intensif merupakan metode untuk membuat Lovebird menjadi jinak. Dengan disapih dan dirawat sendiri secara intensif akan membuat Lovebird menjadi jinak karena terbiasa berinteraksi dengan manusia. Untuk mendapatkan lovebird yang jinak, sebaiknya Lovebird dibiasakan berinteraksi dengan manusia bukan hanya saat masih anakan saja melainkan sampai Lovebird berumur dewasa.

Usahakan setiap pagi dan sore hari Lovebird dipegang sambil dimandikan. Hal ini akan semakin membuat Lovebird memiliki ikatan emosional dengan pemiliknya sehingga semakin jinak

Setelah uraian diatas, dari 2 cara tersebut maka bisa disimpulkan sebagai berikut

Kelebihan anakan lovebird dirawat Induknya :

  1. Praktis dan Aman karena langsung di rawat oleh Induknya sehingga tidak memerlukan perhatian dan waktu yang banyak dari si pemilik.
  2. Imunitas dan Perkembangan fisik anakan lovebird bagus
  3. Anakan Lovebird jika menjadi nanti Induk lebih bisa merawat anaknya

Kekurangan anakan lovebird dirawat Induknya

  1. Anakan lovebird menjadi kurang Jinak
  2. Waktu Produksi kurang efektif karena Si Induk harus merawat anaknya.

Kelebihan anakan lovebird disapih :

  1. Produktifitas bisa meningkat karena setelah disapih Indukan bisa dikawinkan lagi
  2. Anakan Lovebird menjadi jinak karena sering berinteraksi dengan manusia
  3. Ikatan emosional dengan pemilik semakin tinggi

Kekurangan anakan lovebird disapih :

  1. Memerlukan perhatian, ketelitian dan waktu yang tidak sedikit
  2. Harus memperhatikan asupan makanan yang diberikan
  3. Anakan Lovebird jika menjadi Induk kurang telaten dalam merawat anaknya

 

Maka setelah melihat kesimpulan tersebut bisa dikatakan bahwa 2 cara diatas baik perawatan anakan lovebird oleh induk atau anakan lovebird disapih mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan  masing-masing. Dari 2 cara perawatan tersebut kedua-duanya sudah terbukti dan berhasil menghasilkan lovebird yang berkualitas, jadi semua kembali ke teman-teman breeding untuk memilih cara yang mana … 😀 yang terpenting, rawat dengan sepenuh hati … 😀

Dan “SAYANGI BURUNGMU DENGAN BIOJANNA 6 “ …!

Semoga Bermanfaat …

*red

————————————————-

Temukan Kami di

website : www.biojanna6.com

facebook : produk probiotik

Youtube Channel : Burung Probiotik 

———————————————-

Info Produk : 0857 2852 4744 (Call / sms / WA)

Order Service : 0813 281 41084 (Call / sms / WA)

PIN BB : 537B4EB3

====== Kriiiing … Hallo Dok!!! =====

Kosultasikan permasalahan burung kicau dan breeding anda dengan solusi TEPAT & AMAN Bersama Konsultan Ahli B6

drh. Budi Purwo Widiarso, MP

Call / sms / WA : 0812 1584 8964

Pin BB : D44C45F6

Pencarian dari Google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *